Terdapat ralat dalam alat ini

selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Jumaat, Februari 12, 2010

Jumat 1 Januari 2010 - Minggu 31 Januari 2010













Jumat, 1 Januari 2010

Jam 00.01 saat pergantian tahun 2009 memasuki 2010 masih di kawasan Prambanan dan kembang api meluncur di sisi kereta api, Yasin ikut menyaksikan.

Jam 03.00 saat memasuki stasiun Madiun masuk pedagang pecel madiun dan langsung membeli tiga, saya , Fifi yang bangun dan ibunya, setelah itu tidur lagi, dan jam 04.00 di wilayah Kertosono mengerjakan shalat Shubuh.

Di Mojokerto naik pedangang onde- onde ciri khas kota Mojokerto seharga Rp 500,- sebutirnya, beli 10 dan habis dimakan anak- anak. Kemudian masuk pedagang kulit rambak, demikian juga beli dan langsung dimakan habis.

Jam 05.00 memasuki stasiun Wonokromo, dan turun, langsung ke kamar kecil untuk buang air besar, disini sempat panik sebentar sebab Yasin hilang, entah dimana, ternayta Yasin keluar stasiun sendirian dan yang lain menyerbu ke kamar kecil.

Saya pindah kamar kecil di utara stasiun yang kosong dan disana buang air yang sempat tertahan lama, kerena takut buang air di kereta sampai tidak berani makan malam.

Keluar dari stasiun dan di luar stasiun ada sate ayam dan sate daging lima tusuk lima ribu dengan nasi langsung mesan dua piring, ibunya dengan Astari dan Yasin Fifi dan Saya satu piring.

Makan tidak perlu banyak yang penting ada di perut, tetapi Yasin dan Fifi ngak mau, enak pak, katanya.

Naik bus ke Bungurasih, kerena bus pagi itu penuh tidakj ada pilihan duduk di atas mesin bertiga saya yasin dan fifi, sedangkan ibunya berdiri dengan Astari, Untuk meredam panas mesin yang diduduki saya menggunakan baju hangatnya fifi untuk duduk dan betul juga panasnya tidak terlalu menyengat.



Setibanya di terminal Bungurasih langsung pindah bus ke Bus Pattas AC PO Maju, mengambil tiga tempat duduk, Fifi ibunya dan Astari dua tempat duduk dan Yasin saya pangku, dan duduk di kursi di pintu belakang.




Bus cepat penuh dan pagi itu langsung berangkat, untuk mempersiapkan kenyaman naik bus ber Ac ini tempat duduk di rebahkan kemudian Yasin tidur diata pangkuan saya, jadi saya tidur hangat di tindis dengan Yasin.






Tidur cukup nyenyak, dan sadar jikalau sudah sampai di Pasuruan.

Tiba di Probolinggo jam 08.50 dan ganti bus untuk ke wonorejo setelah menunggu sekian lama bus berjalan lagi dan masuk Wonorejo jam 10.00.

Setelah salaman dengan ibu langsung kjekamar mandi dan mengmpulkan pakaian kotor, dan merendam kemudian makan.

Berangkat shalat Jumatan, masih sempat shalat Jumatan itu saja sudah luar biasa perjalanan ini, dan sepulang shalat Jumat, langsung mengajak Fifi keluar menuju jalan raya untuk mencari pisang goreng siang, sesampainya di rumah mencuci pakain dan tidur istirahat.










Sabtu, 2 Januari 2010





Pagi hari selepas shalat shubuh, ber lari pagi dengan anak- anak, kemudian sarapan beramai membeli kue yang datang mendekat ke rumah ibu, hari ini berencana berkunjung ke rumah adiknya almarhum ayah di atas bukit Ranu Bedali Ranuyoso Klakah.




Jam 07.00 berangkat naik bus tujuan Ranubedali, dan dilanjutkan naik ojeg mendaki dan terlihat bayangan langit yang menjauh yang berarti disitu terdapat lobang bumi yang nanti akan di tinjau anak- anak.



Setibanya di rumah adiknya almarhum ayah, si bulik tun ini sakit, langsung saya tanya sakitnya apa, ia mengatakan tekanan darah tinggi, oh itu mudah coba saya di antar ke kebun belakang untuk mencari daun apa yang bisa di manfaatkan, di belakang rumah yang tanahnya subur itu menjumpai ada daun pepaya, dan daun mengkudu dan buahnya.

Cuci dan di blender dan di peras, Bulik Tun mau minum dan sisanya di minum saya, istri, anak- anak.

Kemudian setelah makan kue seadanya anak- anak minta ke Ranu, yaitu danau yang terkumpul di kawah letusan di kedalam sampai 500 meter.







Setibanya di pinggir atas, yang tadinya keluar dari rumah Bulik Tuin jalannya datar dan sekarng mulai berubah menjadi turunan beranak tangga, dan melihat di kedalam ada hamparan danau yang luas dengan perahu pencari ikan yang kecil- kecil sekali di lihat dari atas, ibunya anak- anak berterik teriak pada anak- anak sebab ia tidak bisa melihat di kedalam sedemikian ini, pusing katanya



Setelah berjalan- jalan dan berfoto, kembali lagi ke rumah, kemudian pinjam sepeda motornya saudara sepupu untuk naik motor berempat dengan fifi Yasin Astari menuju ke arah pedalaman, di pedalaman petani makmur dengan buah alpokat yang lagi musih seharga Rp 2000 per kg nya, buah itu terkumpul hingga sampai memenuhi ruang tidurnya, dis epanjang jalan banyak sekalibuah alpokat yang mulai tua dan belum di ambil pemiliknya dari kebun.







Kemudian memasuki rumah sudah terdengar adzan shalat Dhzuhur dan mulai menyapu musholah yang di dalamnya di penuhi dengan bulu halusnya laron yang semalam mendarat dan melepaskan sayapnya ribuan banyaknya.

Menyapu sampah sayap laron ini ringan susah, sebab sayap itu selalu melayang setelah di sapu.

Setelah shalat Dhzuhur makan siang yang sudah di persiapkan berupa rujak madura yang hitam warna petisnya.

Dilanjutkan makan nangka, tetapi saya menghindar.

Hujan turun dengan derasnya enak sekali melihat hujan di pegunungan dengan udaranya yang lembab, dan percikan udara basah memenuhi ruangan.

Setelah beristirahat sambil berceritra kemudian masak nagka dengan gula merah, memasaknya di atas tungku perapian yang kayunya banyak tersedia di samping perapian.

Panas yang tinggi dengan kadar panas yang tinggi membuat makana cepat mendidih dan di beri gula jadilah nangka matang dengan betonnya.

Fifi senang makan hangat di udara yang dingin kerena hujan itu.

Kemudian mohon permisi untuk pulang, lain kali di tengok lagi, entah kapan ada kesempatan dan rejekinya, kemudain ojeg menuju ke rumahnya Ra, saudara sepupu juga yang berumah di bawah di pinggir jalan besar antara Wonorejo dan Probolinggo.

Setibanya di rumah Ra, yang kali ini terlihat sangat tua, ia berumur sudah 55 tahun.

Ia banyak bertanya perihal ibunya yang diatas yang tadi saya telah kunjungi, katanya sakit, tidak sebab sudah di obati dengan daun- daunan.

Akhirnya saya jelaskan fungsi daun tadi sebab ada kemungkinan ia mengindap penyakit yang sama.

Saat shalat Ashar pun tiba, dan berjamah dengan istri dan yasin dan astari sedangkan fifinya tertidur nyenyak.

Setelah makan bakso yang jauh dari enak, minta permisi dan naik bus ke Wonorejo kembali.

Setibanya di terminal Wonorejo yang basah kerena baru di siram hujan, menyusuri jalan dan memasuki pematang sawah untuk mencari jalan potong menuju rumah, ternyata Fifi ceritra jikalau kemaren ia telah jalan- jalan kesini bersama Yasin saat bapaknya lagi tertidur ngantuknya.
Setibanya di rumah di wonorejo ibu memasak banyak dedaunan hijau yang sudah matang sekarang di suruh makan,

Malam pun tiba.










Minggu, 3 Januari 2010





Jam 03.15 terbangun untuk mengerjakan shalat tahajud, kemudian masuk waktu shalat shubuh, dan setelah itu berjalan pagi menuju jalan raya, ternyata di wilayah ini Hp yang ada internetannya bisa berfungsi, tetapi kalau di rumah ngak hidup sama sekali.

Perut tadi pagi buang airnya mencret.

Kemudian datang Ibunya dengan Yasin menyusul untuk bergabung melihat twitter.com, kemudian belanja kacang panjang, tempe dan salada air masing2 seribu rupiah.

Jam 05.45 datang tukang kue langganan ibu, membeli 10 kue terdiri dari onde- onde, getas, kambing kambing, donat, sewaktu istri memakan kambing- kambing ia bertanya ngak ada sama sekali rasa kambingnya, semuanya tertawa itu kue ma katanya anak- anak.

Setelah shalat dlhuha jam 06.30 sarapan dan setelah anak- anak mengenakan baju ganti ternyata menyisahkan pakain kotor, sehingga sebelum berangkat mencuci pakaian dahulu. Sementara Yasin Astari membilas pakain saya mengambil istirahat terlebih dahulu. Tidur sebentar.
Jam 08.00 berangkat menuju makam pahlawan Lumajang dimana Almarhum Ayahnda di makamkan di sana, di dalam kompleks pemakaman Yasin bertanya tau ngak kuburannya yang kung pa, katanya, tau dong, pertanyaan yasin ini di dorong sebab semua makam yang ada disini tidak ada tanda- tanda, nama maupun lainnya, kecuali alm ayahnda sengaja di beri tanda dengan ibu biar anak – anak kalau kesini tahu katanya.








Dari rumah menuju makam naik angkot perkotaan Lumajang, setelah dari makam berjalan menuju pasar Lumajang untuk mencari angkot tujuan Tempeh. Jam 08.30 sudah tiba di tugu Pancasila Tempeh Kidul.

Berjalan kaki berlima menuju rumahnya lik Bambang, adiknya Ibunda.



Di tengahan jalan melewati pengajian memperingati meninggalnya Gus Dur.

Setibanya di depan halaman rumah yang di tinggali lik bambang pagar depan dalam keadaan terkunci. Kedatangan saya berlima dengan istri dan anak- anak menjadi perhatian orang di sana sehingga ada seseorang yang berani bertanya siapa sebenarnya saya.

Setelah seseorang berani meloncati pagar dan memanggil lik Bambang dari belakang, terlihat pintu di buka, lik bambang masih sangat sederhana seperti dahulu.








Duduk di teras dan di foto dengan anak anak. Kemudian masuk ke arah dalam dan tembus ke belakang ke arah sumur belakang dan keluar di pintu belakang menuju sawah yang kini ditanami ubi kayu, kemudian berjalan terus menuju sungai kecil yang hulu airnya dari gunung semeru.

Setelah memberi sedikit uang untuk lik Bambang lansung mohon diri, setelah itu sambil menuju jalan keluar mampir ke rumahnya Kami, tetangga yang juga membuka pembuatan pisau dan peralatan dapur lainnya.

Di ujung jalan menyewa ojeg dua kendaraan menuju rumahnya lik Kemat yang belum satu bulan yang lalu meninggal istrinya.

Setibanya di rumah itu cucunya lik Kemat ada di depan rumah dan ia cepat mengenali saya dan saya langsung masuk kebelakang.



Ternyata lik kemat sedang duduk duduk di belakang.

Ia terlihat tua, dan sekarang duduk di ruang tamu, di berceritra tentang meninggalnya bulik tin, istrinya, dengan bahasa jawa yang harus di terjemahkan untuk istri.

Dipetikan rambutan depan rumah, dan di hidangkan tahu campur model perdesaan Kebonsari.







Setelah selesai makan sambil menghirup udara segar saya keluar ruangan untuk berjalan di depan, terlihat bangunan warung yang mulai roboh miliknya lik Puah yang telah meninggal juga, dan sempat sebelum meninggalnya dahulu di beli in kain panjang dengan istri.

Kemudian melewati batas pekarang ke rumah gubuk sederhana di samping kanan rumah, ia rumah saudara juga tetapi kedudukannya sangat jauh, dan ia si penghuni termasuk yang kurang beruntung dan sedikit kelainan jiwa.

Rumah gubuk yang berlubang dindingnya dan penuh dengan kayu bakar itu tercium bau kencing, saya iba sebab berarti ia sudah tidak bisa menahan air kencingnya, berarti tahun depan belum tentu kalau saya kesini masih sempat jumpa lagi.

Sewaktu akan permisi dengan istri saya si bapak tua yang tak terawat badannya itu di beri sedikit uang dengan istri tetapi ia malu- malu menerimanya.

Kemudian saya berjalan menuju timur halaman kerumahnya Li Ana saudara sepupu juga, menurut pengamatan saya dari ibundanya Li Ana yang telah meninggal sewaktu lahirnya Li Ana ia meninggal kerena thalasemianya dengan komplikasi kelahiran, tetapi saat itu tidak ada rekam medis, saya juga menduga- duga sebab keluarga ini termasuk pengindap Thalasemia,

Li Ana sangat senang kehadiran saya dengan istri dan anak- anak di sana, kemudian saat shalat Dhzuhur datang, semua shalat di musholah di samping rumah.

Ternyata yang adzan dan iqomah dan iman shalat zhuhur itu adalah suaminya sepupu.

Sebab setelah selesai shalat saya berkunjung ke putrinya pak de Bari yang mana pak de bari ini adalah kakak dari Almarhum ayah saya.

Dan betul juga ternyata suaminya dari anak putrinya pak de bari ini adalah orang yang mengerjakan shalat tadi.

Setelah bersilaturahmi sekian lama sekarang tiba waktunya untuk mohon diri, kemudian di antar dengan menantunya Li Ana, berarti anak saya, satu sepeda motor, dan cucunya pak lik kemat berarti anak saya juga dengan satu sepeda motor, menuju ke rumahnya Pak de Bari, siang itu rumah tertutup sehingga untuk masuk harus kebelakang dahulu, ternyata Bude Bari ada di belakang, ia tidak lupa kepada saya.


Setelah bersilaturahmi sejenak kemudian mohon diri dan diantar juga dengan anak- anak tadi dan di turunkan di patung tugu pancasila di pertigaan Tempeh Kidul.

Menunggu bus yang menuju Wonorejo datang, berbicara dengan Sarim teman kecil dahulu yang sekarang sama tuanya.

Bus datang dan langsung ke Wonorejo, masuk rumah jam 15.00.







Senen. 4 Januari 2010




Masih di Wonorejo Lumajang Jawa Timur.

Jam 02.45 terbangun saat Fifinya mulai bangun, dan mempersiapkan diri untuk makan sahur.
Ternyata Fifi bangun dalam kondisi demam, kemungkinan besar adalah makan rambutan di rumahnya Pak Lik Kemat siang hari kemarennya.

Makan sahur kali ini di warnai sedikit buang- buang air, tetapi kerena ini dalam perjalanan berarti harus di waspadai, saya berusaha berfikir di sini ada apakah, tanaman yang bisa mencegah parahnya buang air ini, saya teringan jikalau ibu menanam bunga tetapi bunga itu sangat berkahsiat yaitu tempuyung, yang daun nya menjurai, tetapi setelah makan daunnya yang kasar dengan nasi jantung enak dan badan tidak terasa enak juga.

Setelah makan sahur sangat sederhana, sebab tidak dipersiapkan, langsung berangkat ke Masjid, kerena keadaan di rumah terlihat wajah- wajah yang menyangkal, setelah shalat shubuh di masjid pagi itu dalam perjalanan pulang menuju rumah, dimana rumah kiri kanan di blok perumahan anggota pensiunan Militer dan sedikit polisi, tetapi sekarang sudah meninggal semua, rumah- rumah yang sepi, banyak rumah yang di jual dengan harga mahal, saat itu terpikirkan mengapa tidak pulang sekarang saja mumpung masih pagi.

Masuk rumah langsung putuskan pulang ke Jakarta hari ini sambil membangunkan anak- anak Yasin dan Astari, mereka berdua terlihat bingung, dan saya cepat keluar lagi mencari kunyit, saya tahu warung jalanan yang biuka pagi setelah shalat shubuh adalah warung yang ada di dekat jalan raya, berarti menyeberang jalan.

Setibanya di sana, ternyata ia tidak menjual kunyit yang di rencanakan untuk obat penurun panasnya Fifi. Tetapi orang madura tua yang sederhana yang rumahnya di jadikan tempat penitipan sepeda motor depan terminal Wonorejo memberikan saya sedikit kunyit.

Saya anggap cukup, pulang lagi ke rumah dan mencari parutan dan diminumkan ke Fifi.

Sambil mulai berkemas mana barang yang akan di bawa, hari pun beranjak siang, sekitar jam 05.00, Fifi dengan Ibunya kerumah Bidan di belakang rumah, untuk mendapatkan obat yang di minumkan selama perjalanan pulang.

Setelah meminum obat penetral lambungnya berupa obat mag yang berwarna hijau muda separuh saja ukurannya, fifi mau makan beberapa suap dan bersiap berangkat.

Jam 06.00 shalat Dlhuha untuk persiapan berangkat ke Jakarta. Tukang penjual kue sudah datang dan membeli kue sebanyak Rp 5 000 untuk 10 kue dimakan di jalan.

06.10 mulai berpamitan dengan ibunda, saya cium semua pipi kiri dan kanannya semoga sehat selalu panjang umurnya.amien.

Berjalan berlima beriringan menuju jalan raya masing- masing membawa ransel bajunya yang kecil-kecil dan dimana para tetangga belum banyak yang bangun

06.20 sewaktu bediri menunggu bus itupun setelah lampu merah di pojokan jalan menyala empat kali dan lima bus telah di biarkan lewat sebab penuh sekarang masuk bus Jember Indah yang cukup sederhana sekali, naik bus dan mengambil 3 tempat duduk. Sewaktu melewati perlintasan KA Klakah, pintu perlintasan di tutup dan lewat KA Ekonomi, kereta ini yang dicari dengan Yasin sehingga ia setengah memaksa untuk mengejar kereta api itu, dan saya sanggupi untuk memasuki Surabaya dengan kereta api tetapi mencarinya keretanya nanti di stasiun Bangil.

Sewaktu mendekati terminal Probolinggo, penumpang yang tujuan Surabaya dan di persilahkan pindah bus Mila yang sudah menunggu.

Setibanya di Bangil turun dekat stasiun kereta api bangil. Jam 09.15 di depan lokat stasiun Bangil untuk membeli tiket ke Surabaya, ternyata di stasiun ini juga di jual tiket kereta api tujuan Jakarta dengan kelas eksekutif, hanya sayangnya saat ini habis nomer tempat duduknya.

Ternyata KA yang datang jam 09.55 adalah KA Panataran dari Blitar Malang Surabaya. Dan naik sementara di dalam gerbong penumpang berjejal tetapi ada ruang untuk berdiri, dan tidak beberapa lama Fifinya dapat dudukan.

Saat ini saya sadar jikalau sedang berpuasa, saya mohon pada Allah agar perjalanan di bahagiakan untuk anak- anak, di hilangkan yang jelek- jelek dalam perjalanan sehingga membawa kesan baik buat Fifi yang baru berusia 6 tahun.

Sambil berdiri saya berayun di goyangan kereta, menyadari jikalau saat ini adalah puasa, maka doa yang saya mohonkan adalah kesehatan untuk Fifi Yasin Astari Ibunya dan Saya sehingga perjalanan ini membuat enak semuanya.

Saya dapat duduk setelah banyak penumpang turun di stasiun Wonokromo, saat kereta api berhenti di stasiun Gubeng saya ingatkan anak- anak untuk tidak turun di stasiun ini sebab kereta Gaya Baru Malam Selatan tujuan Jakarta ada di stasiun Semut dan beli di sana saja tiketnya.

Memasuki Stasiun Semut di jalur empat sudah berderet gerbong kereta api gaya baru malam selatan, secepatnya turun dari kereta dan berjalan menuju loket penjualan tiket tujuan Jakarta, sebanyak 5 tiket, 3 dewasa dan 2 anak- anak.

Saat itu jam masih menunjukan jam 10.00 pagi, berarti masih ada 4 jam lagi kereta akan berangkat, tetapi kerena belum tahu situasi stasiun Semut sehingga tidak tahu dimana letak supermarket, sebab kebiasaan anak- anak kalau naik kereta adalah membeli makanan di supermarket dan naik kerata sudah ada makanan kesukannya, kali ini tidak, antara lain di sebabkan bapak dan ibunya puasa.

Naik gerbong 10 atau gerbong 2 dari belakang. Mengambil tempat duduk nomer 25 26 27 33 dan 34.


Fifinya mau makan kalau di beliin Popmie panas, tetapi sebelumnya saya aja ia keluar gerbong untuk jalan- jalan sambil di gendong dan keluar dari stasiun semut, saya ingin tahu adakah sekitar stasiun semut ini supermarket, ternyata di depan hanya jalan ramai, kemudian berjalan kekiri stasiun dan balik ke kanan stasiun bersama anak- anak, tetapi Astarinya minta masuk lagi ke stasiun.

Setelah Fifi di duduk an di tempatnya saya turun sendiri untuk menanyakan dimana popmi, ternyata banyak penjual yang tidak menjual popmie, dan akhirnya di dapat juga penjual berkopiah berumur muda dan gemuk menjual popmie seharga Rp 4 000,-

Kemudian menyusul Yasin dari belakang dan menyodorkan uang untuk membeli air minum sebanyak 3 botol.

Naik lagi ke kereta.

Jam 12.00 perkiraannya sudah waktunya shalat Dzhuhur, turun lagi ke stasiun dengan Yasin untuk mengerjakan shalat.

Jam 13.30 Fifinya sudah berkali- kali bertanya jam berapa pak berangkatnya.

13.45 Kereta api gaya baru malam tujuan Jakarta berangkat.

Udara segar masuk dan terlihat anak- anak gembira.

Memasuki stasiun Gubeng sebagai stasiun pertama yang di singgai sejak keberangkatan, penumpang berjubel untuk menutup semua tempat duduk.

Di Mojokerto ada anak muda masuk dan saya persilahkan duduk gabung dengan keluarga.

Jam sudah menunjukan 15.00, stasiun Nganjuk.

Jam 17.00 memasuki stasiun Madiun. Saat ini yang di tunggu anak- anak untuk membeli pecel Madiun sebanyak 5 bungkus, Fifi dan Yasin dan Astari langsung makan.


Buka puasa hari ini sekitar stasiun Sragen dan minum adalah yang di teguk terlebih dahulu setelah membaca doa.

Kesimpulan puasa hari ini adalah tidak terasanya perjalanan dan perpindahan tempat yang membuat bisa dengan lancar saja melewat inya.





Selasa, 5 Januari 2010

Jam 00.01 masih sekitar Gombong Jawa Tengah.
Jam 04.00 Memasuki stasiun Cirebon.

Shalat shubuh dilakukan saat jam 04.26.

Sewaktu memperhatikan posisi waktu dan jauhnya jarak Cirebon dan Jakarta, rasanya ngak mungkin jam 08.00 atau 09.00 bisa masuk Jakarta.

Tetapi setelah KA berjalan dengan cepatnya akhirnya berangsur keyakinan untuk tiba di Jakarta adalah memungkinkan.

Sekarang yang menjadi perhatian adalah waktu untuk kencingnya bagi Fifi, sebab dengan posisi penumpang yang berjejal ini harus berhitung di mana turun.

Memasuki stasiun Kerawang sudah di persiapkan untuk turun di stasiun Cikarang sehingga anak- anak siap.




Kota Cikarang dengan Angkotnya

Begitu banyak orang berkata Cikarang siap- siap maka serentak semua penumpang sekitar tempat duduk ada sekitar 10 orang pada bergerak untuk mempersiapkan barang- barangnya.

Setelah turun dari ketinggian kereta api, sebab jarak tanah dan tempat pijakan terendah di kereta itu setinggi 1.70 cm, tetapi semua orang pada meloncat termasuk istri Yasin Astari dan Fifi di gendong.

Kemudian setelah memasuki stasiun Fifinya minta kencing, untungnya sudah di bawah, kotornya kamar kecil sangat jelek, soal kebersihan ini tidak diperhitungkan, ternyata stasiun di luar Jakarta sangat jorok.

Minum teh hangat kemudian berjalan keluar stasiun mencari bus menuju terminal, dan dari terminal Cikarang naik bus menuju Jonggol, dan setibanya di Jonggol naik bus ke Gandoang, seturun nya di Gandoang langsung menyerbu nasi padang di pojokan jalan.

Memasuki rumah jam 09.55 sangat senangnya anak- anak dan secepatnya mengangkat telepon mengabarkan ke rumah Ibu di Wonorejo bahwa telah tiba dengan selamat. Setelah itu mulai membersihkan semua termasuk mencuci pakaian.




Rabu, 6 Januari 2010.

Rapat Renovasi Interior gedung BUMN di ruang direksi keet Kontraktor PP menghasilkan laporan pekerjaan suad 95 %. Tinggal finishing kecil- kecilan dan ternyata saya mendapat sorotan banyak.

Saya jumpai satu persatu orang yang menyoroti saya dan saya biarkan ia bicara dan saya hanya diam saja, saya anggap seperti mendengar ulang apa yang pernah terjadi.

Sampai jam 17.30 masih di direksi keet, sebab mereka masih semangat membicarakan saya.

Shalat maghrib di masjid muhamadiyah di Jalan Sartika, kemudian shalat isya nya di masjid Akbar di Kompleks CPM dekat rumahnya pak Bambang wid.

Masuk rumah sekitar jam 21.00

Berusaha untuk mengetahui apa yang terjadi tadi pagi Demo di DPRD Cibinong, sewaktu memasuki ruangan pak Haji ... banyak terlihat mata yang kurang simpati dan saya menghindar.
Ceritra dari Rt TOPO yang ikut tadi pagi adalah, demo berjalan tertib. Dan di dalam riuangan menghasilkan kesimpulan anggota DPRD Bogor akan datang ke lokasi, ada kemungkinan ijin yang di keluarkan untuk penggalian pasir di suatu lokasi tertentu tetapi di gunakan menggali pasir di lokasi dekat Puri.





Kamis, 7 Januari 2010

Puasa hari ini insyaallah masih di kerjakan, Ibunya dan Fifi ikut naik motor sampai di Puskesmas Cileungsi sebab di Gandoang masih bobok.

Bank mandiri di Pondok Indah point sudah dipindahkan ke Ciputat, agak sedikit terkejut sih sebab pagi itu melkihat bekas bank kok kosong seperti ceritra aladin memindahkan ruang ratu balkis.

Berjalan ke bank Mandiri di Pondok Indah, agak kepinggir sebab kendaraan banyak, di bank yang terkenal banyak penjahatnya itu sekarang saya harus hati hati, sedikit sekali orang yang berjalan kaki di bawah panas terik se pagi ini, panasnya terasa

Memasukan uang ke bank

Saya harus menghubungi bapak Marzuki Usman, tetapi sepertinya susah.

Balik kembali kekantor berjalan kaki menyusuri trotoar jalan ujung Pondok Indah, kemudian di bawah jalan layang menyeberang dan melewati Carefure dan masuk di pintu utaranya.

Menyempatkan sebentar jalan- jalan ke carefure untuk melihat apakah ada Hp murah untuk lik bambang

Promosi hp murah sudah habis.

Dikantor sibuk dengan merinci mana buku yang akan di bawa naik.






Jumat, 8 Januari 2010.

Jam 10.00 berangkat ke kantor Departemen Pekerjaan Umum dan di serang hujan sekitar 2 Km sebelum pertigaan Bintaro Kebayoran Lama.
Hujan cukup deras, mendung sudah menggantung sejak sore.

Memasang pelindung hujan hanya atasnya saja sehingga celana resikonya basah sebagian.

Parkir motor di Inspektorat Jenderal PU dalam keadaan hujan deras.

Dengan basah sebagian celana panjang kantor, dan basah 100 % sepatu memasuki hamparan bawah masjid Al Azhar untuk menunaikan sodaqoh di badan ZIS Al Azhar.

Di iringi doa- doa yang panjang dari sipenerima dana sodaqoh, doa sebagai obat dalam menempuh kehidupan sebab anak nomer lima Fifi mulai sakit dan tidak stabil makannya, nomer empat Yasin masih Hb rendah tetapi stabil, anak nomer tiga Astari sehat tetapi tidak stabil, anak nomer dua sakit tetapi stabil dan Februari 2010 akan ke Jakarta untuk kontrol RSCM, dan anak nomer satu lagi bermasalah sekolah kedokterannya.

Untuk mendapatkan doa buat mereka lakukan lah sodaqoh terlebih dahulu kemudian aminilah doa- doa mereka, Allah mendengar.

Memasuki Departemen Pekerjaan Umum dengan baju basah, saat telah di lantai V, saat di kejauhan melihat Pak Lubis, ia sengaja menghindar, saya pikir itu adalah hal biasa, boleh jadi ia tidak ingin bertemu dengan saya atau ada sesuatu yang saya tidak ketahui sehingga ia menghindar.

Ibu lis menyampaikan sebungkus uang yang dari uang itu saya sisihkan sebagian kecil buat ibu lis dan rencananya hari senen akan di masukan ke bank.

Ke pak Harjono untuk menyampaikan salam, tetapi tujuan utamanya ke pak Nurhadi Haji Baru, tetapi ia tidak ada di ruangan.

Ke Pak Pri ternyata pak pri telah menempati ruangan baru.

Baru tahu jikalau anak nomer tiganya pak Pri yang sudah dokter gigi dan akan di wisuda seharinya ia meninggal dunia.

Shalat Jumat di masjid Al Salam.

Pulang dari Departemen tali kopling sepeda motor lepas, berjalan perlahan- lahan sampai di jalan Antasari menemukan bengkel dan minta tolong.

Ganti rem depan di bengkel dekat Pertanian.







Senen. 11 Januari 2010.

Mulai pindahan ke lantai atas, membawa sendiri semua berkas, sudah meminta bantuan ke pada OB kantor, tetapi begitu, hanya ia saja, termasuk si kepala bagian rumah tangganya menyuruh OB, tetapi OB nya segan membantu, itupun tidak apa- apa sebab bukan berarti Allah tidak tahu.

Sewaktu mengangkat barang terdapat panci yang selalu menemani dan panci ini pernah juga menemani ke ibadah haji 1992 dahulu dan sekarang ia ikut di bawa pindahan.

Yang membantu sedikit adalah anak- anak sekolah yang magang ke kantor.

Sewaktu membongkar arsip, terlihat arsip lama, saat mewakili bapak Joko Kirmanto sewaktu masih di Sekretaris Jenderal Dept PU untuk pergi ke Jepara mengikuti Seminar Pengembangan Wilayah Pariwisata kota Jepara, selama mengikuti seminar sangat responsif dukungan daerah tetapi dukungan pemerintah pusat yang ngak jelas, sistim pengajuan proyek juga ngak jelas, sistim penganggaran kegiatan proyek juga ngak jelas, rupanya ketidak jelasan ini sudah sedemikian parahnya di Indonesia.

Jam 13.00 pulang sebab kelelahan








Rabu, 13 Januari 2010.

Hujan terus sejak tadi malam, pagi ini berangkat kekantor dengan di iringi siraman air hujan.

Setelah shalat dhzuhur di bantu pak Parmin, mengangkat file cabinet yang sudah kosong, dan mulai memasukan barang- barang.





Kamis. 14 Januari 2010.

Memperhatikan dahsyatnya gempa bumi dari TV di rumah dan juga melihat bagaimana Jusuf Kalla di panggil oleh tim Bank Century.

Kalau di lihat dari semua pertanyaan maka terlihat jelas pemerintah kita ini sangat kurang profesionalnya.

Semua gerakannya menghambur- hamburkan uang negara.




Jumat, 15 Januari 2010.


Mulai menyetel Komputer, Pak Bambang yang satu ruangan dengan saya komplain untuk menggeser file kabinet yang saya letakan.

Memang gempa Bumi Haiti hampir sama kerusakannya dengan di Padang, yaitu semua kolom jatuh dan lantai membentuk lapisan horisontal.

Masuk rumah sore sebelum maghrib.

Jam 21.00 di bangunkan oleh istri sebab ada tetangga kakak dari janda ibu mulyo akan meninggal dunia.


Sabtu, 16 Januari 2010.

Setelah shalat shubuh, mencoba ke rumah tetangga yang baru semalam telah berpulang kakak dari si ibu di tingal pergi suminya itu, pagi ini yang terlihat dari pihak saudara si ibu yang di tinggal suaminya itu hanya dua orang, mungkin kakak nya mungkin juga adiknya, kalau di lihat umur mungkin kakaknya.

Saya masuk lagi kerumah untuk mempersiapkan keperluan anak-anak.

Jam 07.00 Saat mengantar Fifi ke sekolah, datang sedikit bergegas pak Topo si ketua RT meminta saya untuk mendampingi proses pemakaman jenazah tetangga, saya menyetujui.

Sepulangnya mengantar Fifi, langsung kembali lagi kerumah tetangga yang ke susahan, halaman depan yang sudah terpasang kursi duka sdah tersusun sejak semalam, pagi ini masih kosong saja, hanya bapak berdua yang merupakan kakak dari si meninggal.

Mencoba mendatangi para tetangga, ternyata banyak diantara mereka yang berangkat bekerja, kemudian datang pak Putut dengan Hpnya ia banyak membantu menghubungi rekan se RT, termasuk menjemput Pak Haji Mahdum.

Jam 08.00sudah banyak orang yang datang baik dari pihak keluarga maupun dari para tetangga.

Jam 09.00 Jenazah di mandikan, dari ujung kepala saya melihat bahwa kepala itu semalam saya membacakan La ILLAH Ha ILLAllah, dan memejamkan matanya.

Jam 09.15 Jenazah di shalatkan, setelah itu saya bergegas pulang kerumah untuk mengganti sarung yang saya kenakan dengan celana panjang untuk mengiringi jenazah ke pemakaman.

Saya berjalan paling depan membuka jalan dan didepan saya otomatis tidak ada seorangpun yang berjalan di jalan desa menuju pekuburan tersebut, tetapi di belakang saya banyak orang yang berjalan mengiringi jenazah.

Malam harinya setelah shalat isya memimpin pembacaan doa, yang hadir semuanya adalah warga RT 5 RT 8 Kelurahan Gandoang Cileungsi Bogor, acara sederhana ini berakhir sekitar jam 21.00.



Minggu, 17 Januari 2010.

Memulangkan peti keranda.

Sepulangnya dari Pasar Cileungsi bersama Yasin, sewaktu di pasar uang Rp 100 000 sangat pas penggunaannya, lauknya hanya ayam 1 kg ikan 1 kg dan jamur ½ kg sayuran yang banyak, tetapi belanja kali ini cenderung mahal semua harga.

Setelah itu memulangkan keranda ke masjid yang menggotong keranda kosong ber lima, saya, pak topo, pak syarif, pak pak tono dan lagi satu kurang hafal nama, dan ternyata sewaktu hampir masjid keranda terasa berat sehingga memutar posisi keranda kerena beratnya, semua tertawa.

Siang hari mendapat SMS pak Abdullah meninggal dunia tadi malam jam 21.00, dan sekarang telah di makamkan. Innalillahi waina lillahi rojiun.




Selasa, 19 Januari 2010.

02.10 terbangun sebab tetangga depan rumah berteriak keras memanggil anaknya yang tertidur di dalam rumah, tidurnya nyenyak sehingga harus bersuara keras, tetapi itupun si putra tidak bangun.

02.20 keluar rumah setelah makan kacang hijau dua mangkok panas hangat

02.21 membantu mengembirakan tetangga agar mencari jalan keluar.
02.33 membantu tetangga yang terjebak dalam halamannya sendiri dan akan keluar tapi kuncinya tertinggal
02.35 masuk rumah
02.45 persiapan shalat tahajud
02.46 terdengar pintu pagar dan suara motor masuk berarti anak tetangga sudah bangun dan bisa memasukan ayah dan ibunya.
02.55 shalat tahajud.
03.30 tidur lagi.
04.10 persiapan shalat shubuh
04.14 adzan shalat shubuh terdengar, mulai membangunkan Yasin dan Astari
04.45 persiapan meramu bahan membuat jus sayur.
05.30 jus sayur siap minum
06.00 sarapan bersama Fifi, sarapan pagi ini dengan tumisan terong, jamur, bakso, buncis, nenas.
06.20 berangkat bersama Astari
06.40 terhalang macet di persimpangan Metropolitan, macet cukup lama dan saya selalu berdoa agar tidak terkena paku, sebab sepeda motor sudah mengambil jalur yang paling kiri dan berdampingan dengan got.
07.05 Astari tiba di sekolahannya
07.15 shalat dlhuha di masjid Cileungsi
08.30 macet di ujung jalan Simatupang.
09.21 masuk kantor

Luar biasa macet hujan macet hujan.
Saya pikir semakin tahun akan datang semakin parah, sebab sistim pemecahan belum pernah di ketemukan, di niatkan untuk di ketemukan juga belum.

Keterbelakangan di indonesia usianya lama, kaitannya dengan mental mumpung. Kalau ngan kena korban atau jatuh korban belum pintar- pintar juga, jadi romantis lah harus susah bari bisa nyanyi, harus selingkuh dan suaminya marah kemudian menyusun lagu syahduh di tinggal sendirian, ya mendekati munafiklah, lah kok banyak yang mau mendengar lagu begitu.
Apa ngak kasihan telinganya.





Rabu, 20 Januari 2010

Dirumah terjadi banjir

Hujan siang ini memang sangat luar biasa, sejak pagi istirahat di rumah setelah mengantarkan Astari ke sekolahannya tadi pagi langsung mampir kepasar sebab lauk di kulkas habis dan Fifi juga sudah di antar, malahan siang hari hujannya sangat deras, terjadinya naiknya air saluran sebab saluran air macet, air sempat membasahi karpet segala dan setelah di perhatikan air naik sebab saluran macet, setelah di dorong dengan sebilah kayu, air lancar dan air tidak naik menggenangi lantai, sekarang gilirannya ngepel.



Kamis. 21 Januari 2010.

Sejak hari Senen kemaren sudah mendapat SMS dari ibu Lis dari Pengelolaan bangunan gedung negara, agar hari ini hadir mengikuti penyegaran rapat pengelolaan teknis bangunan gedung negara.

Berangkat pagi sekali dari rumah sebab di ingatkan jam 08.00 harus tiba dikantor, saya pikir mengundang pagi sekali apakah di beri sarapan.

jam 07.50 sudah tiba di lapangan parkir Kementerian Negara Perumahan, kemudian berjalan ke Al Azhar untuk menyumbang sedikit dana buat membantu orang miskin yang di kelolah oleh Al Azhar, saat itu jam 07.59.

Jam 08.15 sudah memasuki ruang Sapta Taruna dan langsung mendaftar, saya melihat yang datang kok rajin sekali dan benar juga mendapat sarapan yang cukup enak, ada resoles, ada lumpia isi lengkap, ada kue campur khas jawa yang cukup enak. padahal tadi sewaktu berjalan dari kementerian negara perumahan ke Al Azhar melewati rumah makan Padang, sudah kepingin membeli nasi padang, untungnya ngak jadi, kalau jadi perut ini bagaimana mengaturnya.

Jam 09.30 acara di mulai, dengan sambutan Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Pak Budi, kemudian di susul dengan sambutan yang lain sampai acara penyegaran itu sendiri dilakukan, semua sambutan menekankan kepada aspek hukum dalam penyelenggaraan bangunan negara.

Jam 12.00 adzan Dzhuhur terdengar, saya keluar menuju masjid Al Salam, dan sesudah shalat sempat mampir ke Tata Ruang mencari pak Nurhadi, baru pindah kemaren kelantai V bangunan baru.


Siang hari setelah acara sesion ke dua masalah kebakaran bangunan gedung, menuju ke kantor pasar Jumat.




Jumat, 22 Januari 2010.



Sabtu, 23 Januari 2010.

Tiba- tiba ada miss call dari pak Budi doel, setelah di hubungi ternyata pak Budi doel sedang di rawat di rumah sakit Santosa di Bulak Kapal Bekasi, Hb nya sempat 7.

Membawa Fifi dengan ibunya berburu susu Indomilk coklat bubuk yang di korting di Hypermart, berangkat setelah shalat dzhuhur, dan setibanya di Hypermart udara mendung, antrian kendaraan macet mendekati Hypermart.

Masuk terlebih dahulu menurunkan Fifi dan Ibunya di depan Lobby Hypermart dan setelah lama dalam usaha melepas ikatan tali helmnya istri saya tinggalkan ibunya dan fifi di depan lobby, dan parkir motor di loading dock di sisi utara.

Saya masuk Hypermart dari pintu tengah dan langsung menuju lobby dari dalam sehingga menjumpai Fifi dan ibunya yang masih di luar, Fifi lari masuk ke dalam.

Menuruni anak tangga dan memasuki hypermart yang di cari dahulu adalah susu, kemudian lauk berupa ikan goreng yang kali ini ada diskon 50 % sehingga sekilonya ikan yang sudah di goreng tepung seharga Rp 20 000.-

Kemudian membeli desertnya Fifi yang suka dengan Mayones satu muk di isi sebanyak-banyaknya seharga Rp 7 550,- untuk mengefisienkan tempat penyimpanan desert ini pertama- tama yang di ambil adalah jagung di ratakan di dasar wadah, kemudian potongan sosis di penuhkan di hamparan kemudian anggur, kemudian buah yang di campur mayones dan terakhir di puncaknya adalah brokoli.

Jeruk yang di korting sehingga harga sekilonya Rp 3800,-

Dan setelah itu berkendaraan lagi menuju ke Giant, untuk membeli kangkung, bayam, daging dan ayam, tepung soda kue, kecap dan mie.

Sampai di rumah Fifi semangat makannya.



Minggu, 24 Januari 2010.


Saat ban belakang kempes saya cepat melihat ada bengkel di depan langsung mendarat disana dan menurunkan Fifi dan Yasin yang pagi ini ikut ke Bekasi Untuk melihat sakitnya pak Budi Doel. Tapi halangan di tengah jalan ban kempes, Bekasi masih 10 km lagi.

Paku yang menancap sangat kecil, tetapi bocor juga, dan saya tenang sebab mempunyai ban serep/cadangan, tapi ternyata ban cadangan juga bocor.

Sampai 60 menit proses menunggu ban di tambal, dan Fifinya sudah gelisa saja.

Setelah ban dinyatakan selesai, motor di kendarai lagi langsung menuju Bekasi, perjalanan lancar Setibanya di Rawa Lumbu langsung belok kanan lurus melewati Balai Irigasi Puslitbang Dept PU, Terminal, dan Bulak kapal kerena ragu belok kanan saja seharusnya belok kiri.

Betul juga setelah bertanya dan di beri tahu bahwa RS Santosa ada di belakang, motor di balik arahkan.

Memasuki jalan kecil tiba- tiba melintas Kereta Api dengan kecepatan tinggi, Fifi sampai terkejut.

Rumah sakit di dapat, naik kelantai dua dan memasuki Anggrek 1, pak Budi dan keluarganya pagi ini sedang berbaring.

Setelah banyak berceritra dan menghibur, Fifi dan Yasin duduk di kasur yang di hamparkan dengan keluarganya pak Budi, saat jam 11.30 pak Pardino masuk, dan ikut gabung. Jam 11.50 saat masjid mulai terdengar persiapan adzan Dzhuhur, Pak Pardino minta diri, kesempatan ini di gunakan juga untk mohon diri, malahan Fifi di bawain buah- buahan segala.

Dihalaman parkir ketemu lagi dengan pak Pardino dan Fifi diberi uang Rp 50 000,- dan Yasin melihat dan minta bagian separuhnya.


Perjalanan pulang kali ini lancar sampai terdengar adzan Dzhuhur di tengah Jalan dan mulai mencari masjid terpilih masjid yang sering di kunjungi di seberang Pratama.

Masuk rumah jam 13.30





Selasa, 26 Januari 2010.

Kantor, sejak pagi hujan terus. Perjalanan macet sehingga mengambil jalan di kompleks marinir Cilandak, Hingga pulang sore hari juga hujan.




Rabu, 27 Januari 2010.


Matahari bersinar terang, masuk kantor jam 09.00
Sore hari sewaktu tiba di rumah Astari mengatakan jikalau Tyasnya sore ini baru berangkat dari Denpasar.


Kamis. 28 Januari 2010.

Hari ini rencana demo besar- besar di pusat pemerintahan sebagai peringatan 100 hari pemerintahan SBY.

Tyas sudah sampai di Comal sekitar jam 11.00 siang

Shalat di dzhuhur di masjid

Makan satu lembar daun kejibeling.

Keadaan Demo yang di warta kan sangat seram ternyata hanya sebatas sederhana saja, sangat tertanggulangi, yang ramai malahan di luar jakarta seperti di Makkasar, Solo, Bandung dan Banten, Cirebon yang ngak pernah demo mahasiswa sekarang ikut demo, suatu kritik keras bagi pemerintah yang sangat tidak segaris dengan penderitaan rakyat.

Mengingat hari mendung sekitar jam 14.40 keluar dari kantor untuk shalat Ashar di masjid di jalan Pasar Rebo yang baru itu, dan shalat cukup ramai juga, sore hari ini banyak lampu lalu lintas yang mati, entah kerena sistim atau kerusakan lainnya, saya tidak ada data untuk itu.

Jam menunjukan 17.00 saat masuk rumah dan langsung menghubungi Tyas ternyata baru memasuki ujung tol Cikampek, jam 17.30 Tyasnya macet berat di Kerawang, saat maghrib tiba ternyata Tyas sudah sampai di Pondok Gde, dan memasuki kota Jakarta dijumpai macet yang lama, dan memasuki terminal Rawamangun sekitar jam 20.00 dan masuk ke pool bus di Kebayoran Lama ujung dekat Kebon Jeruk jam 21.00, jam 21.30 Tyasnya sudah ada di Jalan Baru Kampung Rambutan untuk naik angkot 121.

Saat itu langsung bersiap bermotor tengah malam menjemput Tyas, ternyata penjual BBM masih buka, mungkin saya pembeli terakhir, Rp 5 000,- hanya untuk mengisi tanki saja, setelah menunggu di bawah jembatan Fly Over Cileungsi setelah beberapa banyak angkot 121 yang datang menunurnkan penumpang dan terlihat Tyasnya turun dari angkot.

Jam 23.00 memasuki rumah, jam 24.00 baru bisa tidur benar.



Jumat, 29 Januari 2010.

Bangun jam 03.50 sehingga hanya sedikit dapat shalat Tahajudnya, Setelah shalat Shubuh, langsung menangani jus sayur, ternyata buah mengkudunya kosong, akhirnya Yasin mau membantu naik ke atap di pagi yang masih gelap itu untuk memetik buah mengkudu dari atap, sebab semakin sering di ambil buahnya, pohon mengkudu itu menyisahkan buahnya di tempat yang tinggi- tinggi.

Buah mengkudunya agak di banyakin sebab Tyas ini ada mengindap hepatitis juga, dan semalam telah di ingatkan untuk membeli sayuran sebab besok pagi ada Tyas di rumah, sehingga pagi seperti ini sayuran cukup lengkap, ada terong, ada wortel, ada kentang ada daun bawang, ada daun mengkudu, ada daun kol, ada buncis sedikit.

Jus sayur sudah terhidangkan, Tyas jatahnya 2 gelas, ibunya 2 gelas, saya sendiri 3 gelas, dan Yasin ¾ gelas, dan Fifi ½ cangkir saja ngak habis, Astarinya sudah berangkat sekolah sebelum jus sayur di buat.

Betul juga efeknya setelah minum jus tersebut terasa badan ini santai dan ngantuk berat, ternyata tidur lagi Tyas, saya dan Ibunya, kecuali Fifi yang menonton warta berita pagi itu.

¼ jam tertidur bangun sudah segar lagi dan langsung persiapan shalat dlhuha jam 06.45 dan menunggu Fifi nya nangis kerena ngak mau sekolah sebab di rumah ada mbak Tyas, jam 07.30 berangkat ke kantor.

Sewaktu memasuki kompleks perumahan PU Pasara Jumat, di depan jalan sudah terpasang bendera kuning, berarti ada yang meninggal dunia, dan baru maju beberapa menit kemudian sudah terlihat rumah yang berduka, di tandai dengan tenda yang dipasang mencorok jalan, dan beredarnya manusia berpakaian hitam- hitam tanda berduka.

08.56 menandatangani absen kedatangan di kantor.

Meracik teh hangat yang masih tersisa.

Jaringan Internet tidak bekerja.

Sekitar jam 10.00 pergi ke rumah duka dan di sana berjumpa dengan banyak kerabat Departemen Pekerjaan Umum, terbanyak para senior, terlihat juga wajah mantan sekretaris Jenderal jamannya pak Radinal Alm.

Jam 11.15 meninggalkan tempat duka untuk ke masjid mempersiapkan shalat Jumat.

Setelah shalat Jumat jenazah di shalatin.

Sore menjelang pulang, internet bisa menghubungi Goojje.com, suatu jaringan china, dan berupaya mencari informasi masalah lahan, kepemilikan lahan, pengadaan lahan dan segala peraturan yang berkaitan dengan perumahan dan hak milik, ternyata setelah membuka tayangan dalam bahasa chinna apakah itu mandarin atau tulisan balok lainnya yang penting setelah di terjemahkan melalui google translate ternyata bisa di terjemahkan, isi tulisan itu antara lain seperti berikut :

Dari Perumahan China, diterjemahkan dari bahasa China ke bhs Indonesia memakai google translate.


Release otoritas: Dewan Negara Kantor Urusan Legislatif Release Date: 2010/01/29 pelaksanaan tanggal:
Legislatif Kantor Urusan Dewan Negara pada pengungkapan "milik negara tanah, perumahan dan kompensasi retribusi Ordinance (draft)" untuk pemberitahuan komentar publik
The People's Republic of China Departemen Perumahan dan Perkotaan-Pedesaan 01 www.mohurd.gov.cn 2010 Nian Yue 29 Ri

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kualitas review peraturan kerja, sekarang "milik negara tanah, perumahan dan kompensasi retribusi Ordonansi (draft)" (selanjutnya disebut sebagai konsep) menerbitkan teks lengkap untuk meminta pandangan masyarakat, dan pemberitahuan berikut:

Pertama, isi utama rancangan

Oktober 1, 2007 berlaku pada "RRC Property Law" menyatakan: "Untuk kepentingan umum, sesuai dengan hukum dan prosedur kekuatan kolektif milik tanah dapat dikenakan dan unit, individu perumahan dan real estate lainnya." 2007 Agustus 30, 29 Pertemuan Kesepuluh Kongres Rakyat Nasional dipertimbangkan dan mengadopsi "Kongres Rakyat Nasional Standing Committee pada Koreksi terhadap" The People's Republic of China Perkotaan Real Estat Hukum Administrasi "keputusan" untuk mengotorisasi pengenaan Negara Dewan, milik negara tanah pada unit atau individu untuk mengembangkan perumahan dan peraturan-peraturan administrasi kompensasi relokasi. Oleh karena itu, kita perkotaan dan pedesaan dalam hubungannya dengan Kementerian Perumahan untuk mencari pendapat dari semua pihak di sejumlah dasar, setelah penelitian ulang, memodifikasi, membentuk sebuah konsep.Draft utama meliputi:

(A) Ruang lingkup aplikasi.

Sesuai dengan "Property Law" ketentuan-ketentuan dalam rancangan Undang-Undang Dasar menetapkan bahwa kebutuhan kepentingan umum, untuk BUMN di tanah flat, individu rumah, serta pelaksanaan pungutan telah dikenakan pada pemilik perumahan kompensasi, aplikasi-undang ini, juga sebagai "kepentingan umum kebutuhan "didefinisikan.

(B) prosedur pengumpulan.

Pertama, dikenakan Pemerintah perumahan sebelum keputusan dibuat, organisasi harus menyatakan bahwa masalah tersebut menjadi pemberitahuan bagi orang-orang perampasan, publik dan nasihat ahli, dan tepat waktu penerbitan adopsi dari pandangan-pandangan situasi tidak menerima situasi dan alasan.

Yang kedua adalah untuk mencari dikenakan oleh rakyat, masyarakat dan pendapat pakar, tidak ada kontroversi yang signifikan, Pemerintah membuat keputusan pungutan perumahan, ada perselisihan serius, 报请上一级 Rakyat Pemerintah berkuasa untuk membuat keputusan perumahan dikenakan.

Ketiga, keputusan pungutan perumahan harus diumumkan.

Keempat, menerima keputusan yang dikenakan pada perumahan mungkin berlaku untuk administrasi peninjauan kembali, hal itu mungkin lembaga proses administrasi.

5 karena rumah-rumah yang dihuni perlu dikenakan bagi pembangunan perumahan, tunduk pada sebelum konsultasi publik yang dilakukan oleh lebih dari 90% dikenakan pada persetujuan dari pemerintah sebelum membuat keputusan pungutan perumahan.

(C) mengenai pungutan kompensasi.

Salah satu cara untuk mengimbangi kompensasi moneter dapat diterapkan, mungkin juga menerapkan pertukaran hak milik, atau melakukan kompensasi moneter dan hak milik pertukaran dalam bentuk kombinasi. Perampasan dapat memilih obat.

Kedua, jumlah kompensasi moneter dengan harga real estat lembaga evaluasi untuk menilai pasar real estat untuk menentukan harga, tetapi tidak kurang dari tanggal efektif keputusan pungutan perumahan mirip dengan pasar real estate harga transaksi. Lembaga penilaian real estat, telah dibebankan oleh orang untuk memilih, atau cara lain ditentukan oleh banyak gambar.

Ketiga, Perumahan departemen yang bertanggung jawab untuk retribusi dikenakan pada organisasi penyelidikan dan pendaftaran rumah untuk mengembangkan program-program kompensasi dan untuk meminta pandangan orang telah dikumpulkan, direvisi sempurna, melaporkan bahwa persetujuan pemerintah terkait pemberitahuan; mereka kompensasi rumah ditempati paket, pra-persetujuan juga harus persetujuan dari dua-pertiga persetujuan dari orang yang sedang diisi.

Keempat, departemen perumahan sesuai dengan paket kompensasi biaya yang dipungut untuk masuk ke dalam perjanjian kompensasi; dari rumah dpt ditempati ini kesepakatan kompensasi, pada periode penandatanganan Qian Yueshuai untuk mencapai lebih dari dua pertiga, untuk berpengaruh.

5 adalah perjanjian kompensasi masuk ke dalam setelah pesta kompensasi untuk ketidakpatuhan dengan kesepakatan, pihak lain dapat menuntut pengadilan rakyat menurut hukum.

6 adalah bahwa Pemerintah harus retribusi dikenakan pada rumah tinggal untuk menyediakan ketersediaan yang memadai sesuai dengan kondisi keamanan perumahan, harus disediakan untuk melindungi perumahan.

(Iv) oleh publik alasan kepentingan, kebutuhan untuk melaksanakan pembongkaran.

Bukan karena publik kepentingan, kebutuhan untuk melaksanakan pembongkaran, harus sesuai dengan daerah perkotaan dan pedesaan perencanaan, penggunaan lahan perencanaan, dan untuk menangani pemeriksaan dan persetujuan formalitas menurut hukum, disiapkan oleh unit konstruksi khusus rencana pelaksanaan akan dikenakan oleh Departemen Perumahan persetujuan, sesuai dengan sukarela dan pendekatan adil dalam penetapan perjanjian kompensasi pembongkaran. Konstruksi unit, unit yang dipercayakan dengan pelaksanaan pembongkaran tidak boleh mengambil tanpa gangguan pasokan air, pemanas, gas, listrik, dll, atau dengan kekerasan, pemaksaan dan ilegal lainnya berarti pelaksanaan pembongkaran.

Kedua, cara untuk mengekspresikan pandangan mereka, durasi

Unit yang relevan dan orang-orang di bulan Februari 12, 2010, melalui tiga cara berikut untuk mengekspresikan pandangan mereka:

(A) kunjungi "Pemerintah Cina Legal Information Network" (Alamat: http://www.chinalaw.gov.cn), melalui situs web halaman muka di sebelah kiri dari "pendapat mengenai rancangan undang-undang dan peraturan sistem pengumpulan," komentar pada rancangan.

(B) dilihat dalam surat-menyurat dikirim ke: Box 1750, Beijing (Zip Code: 100.017), dan di amplop yang ditandai "milik negara tanah, perumahan dan peraturan kompensasi dikenakan komentar" kata.

(3) by e-mail akan dikirim ke: fwzs@chinalaw.gov.cn.



Dewan Negara Kantor Urusan Legislatif
Januari 29, 2010


Milik negara mendarat di perumahan pungutan dan Kompensasi Ordonansi (draft)

Bab I Ketentuan Umum
Untuk pertama standarisasi koleksi milik negara tanah, perumahan dan kompensasi aktivitas dan menjaga kepentingan publik, melindungi hak dan kepentingan orang-orang yang didakwa di bawah "Property Law" dan "Kongres Rakyat Nasional Standing Committee pada Koreksi terhadap" The People's Republic of China Perkotaan Real Estat Hukum Administrasi "dari yangkeputusan "peraturan dirumuskan.

Yang kedua, dalam kepentingan publik, yang milik negara unit tanah dan individu untuk melaksanakan pungutan perumahan dan pemilik rumah telah diberlakukan (selanjutnya disebut dikenakan pada orang-orang) kompensasi, penerapan Ordonansi ini.

Pasal III dari Ordonansi ini disebut kepentingan umum, termasuk:

(A) kebutuhan sarana pertahanan nasional;

(B) dukungan utama dan dimasukkan ke dalam perencanaan energi, transportasi, air pemeliharaan dan kebutuhan prasarana umum lainnya;

(C) Negara Key dukungan dan dimasukkan ke dalam perencanaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, budaya, kesehatan, olahraga, lingkungan dan perlindungan sumber daya, konservasi, kesejahteraan sosial, utilitas kota dan kebutuhan prasarana umum lainnya;

(D) Untuk meningkatkan kondisi kehidupan berpenghasilan rendah perumahan keluarga miskin, yang diorganisir dan dilaksanakan oleh pemerintah rendah sewa perumahan, perumahan yang terjangkau dan kebutuhan konstruksi lainnya;

(E) Untuk meningkatkan kondisi hidup perkotaan, terorganisir dan dilaksanakan oleh Pemerintah rumah ditempati kebutuhan;

(Vi) negara membangun organ-kebutuhan untuk ruang kantor;

(Vii) hukum, peraturan administrasi dan Dewan Negara dan kepentingan umum lainnya.

Pasal IV perumahan retribusi dan kompensasi harus mengikuti pembuatan keputusan demokrasi, proses prosedural, kompensasi ekuitas, hasil membuat prinsip-prinsip umum.

Pasal V dari pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten yang bertanggung jawab atas wilayah administratif perumahan retribusi dan kompensasi untuk pekerjaan.

Pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten di bawah sektor perumahan spesifik mengatur pelaksanaan pengumpulan iuran perumahan dan kompensasi kerja.

Masyarakat lokal di atas pemerintah tingkat kabupaten harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Ordonansi ini dan orang-orang pemerintahan di bawah pembagian tanggung jawab, terkoordinasi untuk memastikan pungutan perumahan dan kompensasi kerja dilaksanakan dengan lancar.

Pasal VI dari orang yang lebih tinggi pemerintah akan memperkuat rakyat pemerintah di tingkat yang lebih rendah karya Otoritas Perumahan pungutan dan kompensasi.

Gedung Dewan Negara departemen yang bertanggung jawab provinsi, daerah otonom dan kotamadya harus bersama-sama dengan gedung departemen yang bertanggung jawab atas keuangan, tanah dan sumber daya alam dan departemen terkait lainnya untuk memperkuat pelaksanaan retribusi dan kompensasi perumahan bimbingan.

Pasal VII Setiap organisasi atau individu tindakan pelanggaran terhadap ketentuan undang ini, hak kepada orang-orang pemerintahan, perumahan dan pengumpulan departemen dan departemen lain untuk melaporkan. Setelah menerima laporan dari orang-orang pemerintahan, koleksi perumahan departemen dan departemen lain harus segera dilaporkan kepada verifikasi, pengolahan, dan pengolahan hasil untuk menginformasikan kepada informan.

Bab II prosedur pengumpulan

Pasal VIII dalam kebutuhan kepentingan umum masyarakat lokal di atas pemerintah tingkat daerah perumahan retribusi, harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Ordonansi ini untuk membuat keputusan perumahan dikenakan.

Pasal IX dari pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat daerah perumahan pungutan sebelum keputusan dibuat, harus reformasi pengembangan organisasi, perencanaan perkotaan dan pedesaan, sumber daya lahan, perlindungan lingkungan, konservasi warisan, dan departemen konstruksi, tujuan pungutan perumahan, perumahan pajak, waktu pelaksanaan dan seterusnyauntuk menunjukkan hal itu.

Pasal pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten departemen dalam organisasi berpendapat, pungutan harus menjadi tujuan perumahan, perumahan pajak, pelaksanaan waktu untuk hal-hal seperti pemberitahuan dan verifikasi untuk rapat, dengar pendapat atau cara lain untuk mencari perampasan orang, masyarakat dan para pakar tinjauan. Perhatikan tidak kurang dari 30 hari, namun, memaksakan yang lebih luas perumahan, pemberitahuan tidak kurang dari 60 hari.

Memperhatikan hal-hal yang melibatkan rahasia negara, harus sesuai dengan undang-undang privasi yang relevan dan peraturan administrasi.

Pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten akan dikenakan pada orang-orang, masyarakat dan pendapat pakar dari kasus adopsi situasi dan alasan untuk tidak mengadopsi publikasi yang tepat waktu.

Ruang lingkup Pasal XI Perumahan dikenakan setelah pengumuman, perumahan tidak akan dikenakan dalam rangka kegiatan sebagai berikut:

(A) baru, diperluas atau dibangun kembali rumah-rumah;

(B) perubahan dalam perumahan dan penggunaan lahan;

(C) bergerak rekening, atau tumpah.

Koleksi perumahan departemen dalam menulis item yang tercantum dalam paragraf sebelumnya harus memberitahukan kepada departemen terkait untuk menangguhkan penanganan prosedur yang relevan. Untuk menghentikan prosedur yang relevan untuk menangani pemberitahuan tertulis akan ditetapkan masa suspensi. Periode suspensi tidak boleh melebihi 1 tahun.

12 orang telah dinilai, sebagaimana telah diubah, untuk mencari publik dan pendapat ahli, tidak ada kontroversi yang signifikan, dan oleh pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten untuk membuat keputusan yang dikenakan perumahan, ada perselisihan serius, dan oleh pemerintah masyarakat lokal di atas rakyat tingkat kabupaten diatur pemerintah 报请上一级sebelum membuat keputusan perumahan dikenakan.

Koleksi perumahan, itu harus diingat sesuai dengan milik negara hak penggunaan lahan.

Pasal XIII dari kebutuhan untuk dikenakan karena rumah ditempati untuk pembangunan perumahan, pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten akan mengatur departemen bersangkutan untuk berdebat, berdasarkan pengambilalihan untuk mencari pendapat kedua.Lebih dari 90% orang setuju untuk dikenakan ditempati rumah-rumah, masyarakat setempat di atas pemerintah tingkat kabupaten sebelum membuat keputusan pungutan perumahan; tidak memenuhi 90 persen yang setuju untuk dikenakan tidak akan dikenakan untuk membuat keputusan perumahan.

Pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten akan meminta pandangan dari penerbitan tepat waktu.

Pasal XIV dari masyarakat setempat di atas pemerintah tingkat kabupaten akan memutuskan untuk memaksakan pengumuman perumahan. Pemberitahuan akan ditetapkan tujuan perumahan dan perumahan pungutan pajak, waktu pelaksanaan dan administrasi peninjauan kembali, administrasi litigasi hak dan seterusnya.

Pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat daerah dan departemen perumahan biaya akan dikenakan pada keputusan perumahan pada waktu yang tepat publisitas, penjelasan.

Pasal XV telah dinilai serta menentukan Perumahan tertarik dikenakan pemerintah masyarakat lokal di atas dikenakan tingkat kabupaten puas dengan keputusan yang dibuat oleh perumahan, hal itu mungkin berlaku untuk dipertimbangkan kembali administratif menurut hukum, Anda juga dapat membawa gugatan administratif menurut hukum, pengadilan rakyat.

Pasal XVI biaya pertahanan nasional yang berkaitan dengan fasilitas, perumahan, warisan, bangunan bersejarah, situs untuk kegiatan keagamaan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang relevan.

Koleksi dengan kredit perumahan, itu harus untuk melindungi hak dan kepentingan sah hipotek.

17 Perumahan departemen harus menyusun dan meningkatkan pungutan perumahan sistem manajemen file koleksi, penguatan manajemen arsip pungutan perumahan.

Bab III KOMPENSASI

18 diamandemen untuk memaksakan suatu keputusan perumahan masyarakat lokal di atas pemerintah tingkat kabupaten harus sesuai dengan ketentuan Ordonansi ini kompensasi untuk pengambilalihan.

19 kompensasi moneter dapat diterapkan metode kompensasi, mungkin juga menerapkan pertukaran hak milik, atau melakukan kompensasi moneter dan hak milik pertukaran dalam bentuk kombinasi.

Rumah dpt ditempati perlu diberikan karena perumahan dan membuat pembangunan perumahan, telah dibebankan untuk kembali ke orang yang tepat untuk menikmati.

Di samping ketentuan Pasal 29 Ordonansi ini telah dikenakan dapat memilih obat.

Diershitiao jumlah kompensasi moneter, menurut pengambilalihan lokasi perumahan, penggunaan, struktur bangunan, kemutakhiran, daerah konstruksi dan faktor-faktor lain untuk menilai pasar real estat untuk menentukan harga.

Perampasan pasar real estat perumahan penilaian harga oleh harga real estat dengan tubuh penilaian kualifikasi yang tepat, sesuai dengan ketentuan yang relevan dari norma-norma penilaian real estat dan ditentukan, tetapi tidak kurang dari tanggal efektif keputusan pungutan perumahan mirip dengan pasar real estate harga transaksi.

Lembaga penilaian real estat, telah didakwa oleh orang pemungutan suara, pemungutan suara, dan lain-lain OK.

Pasal XXI harga real estat lembaga evaluasi harus independen, obyektif dan tidak memihak ditentukan oleh pasar real estat perumahan dikenakan harga penilaian, laporan penilaian yang dikeluarkan oleh legitimasi, yang sebenarnya tanggung jawab dan rasionalitas.

Perumahan departemen harus memaksakan harga real estat lembaga evaluasi untuk menyediakan paragraf pertama ini undang, ketentuan Pasal tanggal 24 temuan.

Setiap unit atau individu tidak akan campur tangan dalam nilai-nilai kompensasi.

22 preferensi untuk pertukaran hak milik, harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Ordonansi ini Diershitiao menghitung harga rumah perampasan hak milik pertukaran dan harga perumahan, hak milik pertukaran untuk menyelesaikan perbedaan.

Properti swap perumahan harus memenuhi kualitas nasional dan standar keselamatan.

23 dikenakan untuk perumahan dalam lingkup bangunan yang ilegal dan di atas durasi diizinkan bangunan sementara, tanpa kompensasi, dan penghapusan sesuai dengan hukum; kanan tidak melebihi batas yang telah disetujui oleh bangunan sementara, harus diberi kompensasi yang sesuai.

Perumahan tanggal 24 departemen akan dikenakan biaya pada perumahan dalam kepemilikan perumahan, lokasi, penggunaan, pembangunan daerah, serta leasing dan usufructuary benar, dan seterusnya penyelidikan dan pendaftaran organisasi, telah dikenakan wajib. Penyelidik dan telah dinilai berdasarkan hasil survei harus diakui. Temuan harus dipublikasikan kepada semua yang telah diisi.

Departemen perumahan akan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan undang ini, berdasarkan hasil survei, pasar real estat penilaian, penetapan harga, pengembangan program-program kompensasi, dan untuk meminta pandangan dari pengambil-alihan.

Koleksi perumahan departemen sesuai dengan pandangan dari pengambilalihan, untuk merevisi dan memperbaiki paket kompensasi harus dilaporkan untuk memaksakan suatu keputusan untuk membuat perumahan pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat daerah akan diumumkan setelah disetujui. Pemberitahuan akan ditetapkan metode kompensasi dan ketersediaan serta penandatanganan periode, relokasi modus peralihan, masa transisi dan seterusnya.

Rumah dpt ditempati perlu diberikan karena perumahan, paket kompensasi di koran izin sebelumnya dari pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten juga harus dikenakan selama lebih dari dua-pertiga persetujuan persetujuan.

25 Perumahan departemen akan memaksakan paket kompensasi yang disetujui sesuai dengan orang yang telah didakwa metode kompensasi, jumlah kompensasi, hak milik, lokasi dan ukuran pertukaran rumah, periode relokasi, relokasi masa peralihan dari modus transisi dan hal-hal seperti perjanjian kompensasi; Di antara mereka, rumah-rumah ditempati kesepakatan kompensasi, pada periode penandatanganan Qian Yueshuai lebih dari dua-pertiga, akan berlaku.

Sektor perumahan harus dikenakan kompensasi perjanjian itu diumumkan kepada semua dikenakan.

Perjanjian kompensasi masuk ke dalam setelah pesta kompensasi untuk ketidakpatuhan dengan kesepakatan, pihak lain dapat menuntut pengadilan rakyat menurut hukum.

26 pengenaan kediaman pribadi untuk membuat keputusan perumahan dikenakan pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat daerah, harus jalan bagi pemilihan kompensasi moneter telah dinilai untuk memberikan ketersediaan yang memadai.

Tanggal 27 pengenaan sebuah rumah pribadi, keluarga dari orang-orang yang telah didakwa sejalan dengan biaya rendah keamanan perumahan objek atau objek kondisi, penyediaan perumahan yang terjangkau, dan membuat keputusan perumahan dikenakan pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten akan menyediakan biaya rendah keamanan atau ekonomi perumahan perumahan. Langkah-langkah spesifik ke provinsi, daerah otonom dan kotamadya untuk berkembang.

28 koleksi sektor perumahan dan telah dinilai sebagai kompensasi dalam batas waktu yang ditetapkan dalam program gagal untuk mencapai kesepakatan yang ditandatangani kompensasi, atau perampasan kepemilikan rumah tidak jelas, dan laporan oleh Departemen Perumahan untuk Perumahan pungutan yang dikumpulkan di atas tingkat kabupaten masyarakat setempat memutuskan pemerintah di bawah skema kompensasi untuk mengimbangi keputusan.

Dikenakan serta menentukan dikenakan Perumahan puas dengan keputusan orang-orang yang tertarik untuk kompensasi, hal itu mungkin berlaku untuk dipertimbangkan kembali administratif menurut hukum, Anda juga dapat membawa gugatan administratif menurut hukum, pengadilan rakyat, dalam administrasi peninjauan kembali, administrasi litigasi selama periode kompensasi tidak menghentikan pelaksanaan keputusan; terlambat tidak berlaku untuk dipertimbangkan kembali administrasi tidak mengajukan gugatan administratif ke pengadilan rakyat, bukan dilakukan oleh Otoritas Perumahan untuk membuat keputusan yang dikenakan wajib relokasi dari pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten, atau pengadilan rakyat untuk relokasi wajib sesuai dengan hukum. Kompensasi untuk dipertimbangkan kembali organ, atau putusan pengadilan rakyat diakui sebagai ilegal, untuk membuat keputusan kompensasi rumah pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten yang seharusnya kompensasi atas hilangnya pungutan dan memikul tanggung jawab hukum yang terkait lainnya.

Wajib relokasi, perumahan dan kompensasi untuk pengumpulan departemen akan sesuai dengan keputusan bahwa orang tersebut benar-benar moneter kompensasi untuk perampasan hak milik pertukaran atau penyediaan perumahan, ruang kerja.

29 koleksi sewa perumahan telah dikenakan antara manusia dan perumahan untuk mengangkat sewa lessee, hak kompensasi atas pengambilalihan; sewa guna usaha tidak mengangkat, hak orang untuk melaksanakan perampasan hak milik pertukaran. Swap properti rumah perumahan asli penyewa sewa.

Koleksi 30 departemen perumahan dikenakan pada orang atau relokasi subsidi perumahan pembayaran oleh lessee.

Pilih metode pertukaran hak milik dari kompensasi perampasan orang membuat pengaturan mereka sendiri selama masa transisi kependudukan, Departemen Perumahan harus dikenakan untuk membayar subsidi sementara pemukiman kembali; penggunaan ruang perumahan sektor muatan omset, Departemen Perumahan tidak akan memaksakan biaya untuk membayar subsidi pemukiman sementara .

Sektor perumahan tidak dikenakan sesuai dengan kesepakatan untuk memberikan kompensasi bagi pertukaran hak milik rumah dan perpanjangan periode transisi, pengaturan mereka sendiri untuk akomodasi orang telah didakwa, Perumahan departemen terlambat akan memaksakan kenaikan pada bulan-bulan sejak pemukiman kembali sementara subsidi; penggunaan ruang bagi orang-orang yang bekerja, harus diberi tanggal dari tanggal akhir pembayaran subsidi pemukiman sementara.

Relokasi subsidi dan subsidi pemukiman sementara standar, ketentuan pemerintah masyarakat setempat di atas tingkat kabupaten.

第三十一条 karena biaya non-pemukiman perumahan yang disebabkan oleh shutdown, penutupan harus diberi kompensasi yang sesuai.

32 Departemen Perumahan ditugaskan biaya kompensasi dan relokasi unit yang bertanggung jawab atas tugas-tugas tertentu harus dipercayakan untuk memperkuat pengawasan dari unit-unit, dan pelaksanaan perilaku koleksi kompensasi dan relokasi memikul tanggung jawab hukum yang sesuai.

Unit rumah yang ditugaskan oleh departemen pengisian dan untuk menahan diri dari gangguan pasokan air, pemanas, gas, listrik, dll untuk melaksanakan relokasi.

Tidak ada unit atau individu tidak akan melalui kekerasan, pemaksaan dan cara ilegal lainnya untuk melaksanakan relokasi.

33 Setiap unit atau individu tidak akan korupsi, penggelapan, menggelapkan, mempertahankan, tunggakan, ditahan, disalahgunakan kompensasi dan biaya lainnya.

IV KEWAJIBAN

34 melanggar peraturan ini, masyarakat lokal di atas county pemerintah tingkat, salah satu tindakan berikut ini oleh orang-orang pemerintah yang lebih tinggi akan perintah koreksi, kritik; mengakibatkan kerugian, menurut hukum liability; kanan langsung memimpin dan lainnya secara langsung bertanggung jawab akan diberikan hukuman:

(A) Non-kepentingan harus dikenakan untuk perumahan rakyat;

(B) pelanggaran prosedur perundang-undangan untuk perumahan retribusi untuk memutuskan;

(C) kegagalan untuk mengisi Perumahan memutuskan untuk pemberitahuan atau pengumuman waktu tidak memenuhi persyaratan perundang-undangan;

(Iv) paket kompensasi untuk ketidakpatuhan harus disetujui;

(E) kompensasi keputusan yang dibuat oleh skema kompensasi pelanggaran;

(Vi) pelanggaran ketentuan perundang-undangan relokasi paksa.

35 melanggar ketentuan undang ini, Perumahan departemen telah dikenakan salah satu tindakan berikut oleh rakyat untuk pemerintah akan tindakan korektif, pemberitahuan kritik; mengakibatkan kerugian, menurut hukum liability; kanan langsung memimpin dan bertanggung jawab langsung personil lainnya, merupakan kejahatan harus diselidiki untuk tanggung jawab pidana, bukan merupakan kejahatan akan diberikan hukuman:

(A) tidak menjatuhkan keputusan sesuai dengan Perumahan untuk menentukan cakupan pelaksanaan perumahan dikenakan pungutan;

(B) menerapkan relokasi wajib tidak akan dikenakan sesuai dengan ketentuan manusia secara menyeluruh moneter kompensasi atau penyediaan perumahan pertukaran hak milik, pergantian rumah;

(C) Untuk mengambil pasokan air terganggu, pemanas, gas, listrik, dll untuk melaksanakan relokasi;

(D) tidak membuat keputusan untuk melaksanakan relokasi wajib kompensasi, atau kompensasi meskipun prosedur perundang-undangan sesuai dengan keputusan, tetapi tidak wajib relokasi;

(E) Kegagalan untuk membayar subsidi relokasi, sementara biaya pemukiman kembali.

36 melanggar ketentuan undang ini, Departemen Perumahan dan komisi untuk mengenakan biaya kompensasi dan relokasi unit dengan kekerasan, pemaksaan dan cara ilegal lainnya untuk melaksanakan relokasi, maka orang yang bertanggung jawab langsung bertanggung jawab dan bertanggung jawab langsung personil lainnya, merupakan kejahatan diselenggarakan kriminal bertanggung jawab; bukan merupakan kejahatan akan diberikan hukuman.

37 yang melanggar peraturan, korupsi, penggelapan, menggelapkan, mempertahankan, tunggakan, ditahan, mencuri biaya kompensasi, dan memerintahkan restitusi, untuk unit yang bertanggung jawab kritik, diberi peringatan; kanan langsung memimpin dan lainnya secara langsung tanggung jawab untuk personil, merupakan suatu kejahatan akan dituntut untuk tanggung jawab pidana, bukan merupakan kejahatan akan diberikan hukuman.

38 melanggar ketentuan undang ini, Perumahan departemen telah dikenakan salah satu tindakan berikut ini, oleh pemerintah rakyat akan memerintahkan dalam batas waktu; kanan dan langsung memimpin orang-orang lain yang bertanggung jawab langsung akan diberikan hukuman:

(A) ruang lingkup retribusi perumahan pemberitahuan, kegagalan untuk memberitahukan departemen terkait masalah secara tertulis untuk menangguhkan penanganan prosedur yang relevan;

(B) Kegagalan untuk memberikan harga real estat dibebankan lembaga evaluasi hasil survey perumahan;

(C) Kegagalan untuk mengembangkan paket kompensasi berdasarkan temuan dan untuk meminta pandangan dari pengambil-alihan.

39 melanggar peraturan ini, lembaga-lembaga penilaian real estat atau real estat penilai memberikan palsu atau ada kesalahan yang signifikan dalam penilaian laporan, oleh yang berwenang akan ketertiban dalam batas waktu dan memberikan peringatan; keadaan serius, dicabut sertifikat kualifikasi, pendaftaran sertifikat; merupakan kejahatan, mereka akan memegang tanggung jawab kriminal.

Bab V Ketentuan Tambahan

Pasal 40 tidak karena kepentingan umum, pembongkaran milik negara pada unit tanah dan konstruksi individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan, perumahan, dan harus sesuai dengan perencanaan perkotaan dan pedesaan, perencanaan pemanfaatan lahan, dan untuk menangani pemeriksaan dan persetujuan formalitas menurut hukum.

Bukan karena kepentingan umum, pembongkaran milik negara mendarat di flat, rumah-rumah individu, unit konstruksi harus mempersiapkan rencana implementasi yang spesifik dan melaporkan kepada pungutan Perumahan persetujuan.

Unit konstruksi harus kepemilikan perumahan sesuai dengan pendekatan sukarela dan adil dalam menetapkan kompensasi relokasi kesepakatan.

Ordonansi ini berkaitan dengan kompensasi moneter, hak milik pertukaran, ketentuan kompensasi perjanjian, berlaku untuk non-publik kepentingan karena kebutuhan untuk kegiatan pembongkaran.

Konstruksi unit, unit yang dipercayakan dengan pelaksanaan pembongkaran tidak boleh mengambil tanpa gangguan pasokan air, pemanas, gas, listrik, dll, atau dengan kekerasan, pemaksaan dan ilegal lainnya berarti pelaksanaan pembongkaran.

Pemerintah masyarakat lokal di atas tingkat kabupaten akan memperkuat pengawasan dan manajemen kegiatan pembongkaran.

Tanggal 第四十一条 Ordonansi ini mulai berlaku. Juni 13, 2001 Dewan Negara dirilis "Manajemen Demolition Perumahan Urban Peraturan" dibatalkan secara bersamaan.



Masalah Tanah

Departemen Tanah dan persyaratan pemberitahuan untuk melindungi tanah untuk perumahan dan bangunan komersial umum tidak kurang dari lahan pemukiman perkotaan Qi Cheng
Sumber: Kantor Urusan Legislatif Master Sisa :2010-01-28 09:25 Dibaca:

"Harian Rakyat" (Januari 28, 2010 13 Edition)
Beijing, Januari 27 (Xinhua Xia Jun) Departemen Tanah dan baru-baru ini mengeluarkan sebuah "Di Meningkatkan Dewan Negara untuk mendapatkan persetujuan dan pelaksanaan pembangunan perkotaan tanah untuk menyatakan karya pemberitahuan" meminta dengan jelas menyatakan perumahan Kota tanah, perumahan yang terjangkau, rendah sewa perumahan dan pada harga rendah, kecil dan menengah ukuran hunian perumahan biasa dihitung untuk proporsi tanah tidak kurang dari 70%; menilai tanah atau tingkat pasokan tanah tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh perbedaan yang lebih besar, sehingga mengurangi proporsi tanah untuk menyatakan ukuran.

"Perhatikan" dibuat, menurut perencanaan perkotaan dan kebutuhan pembangunan, menurut orang pertama yang memenuhi penghidupan proyek-proyek dan pembangunan infrastruktur, pengendalian lahan industri untuk menyatakan prinsip-prinsip penggunaan lahan perkotaan.Kebutuhan untuk memiliki sejumlah kota yang disetujui oleh Dewan Negara untuk provinsi tanah mungkin berlaku untuk tanah di bawah kemajuan Kota fractionated oleh pemerintah provinsi untuk disetujui, masing-masing kota setahun sekali untuk menyatakan tanah. Utama proyek-proyek konstruksi nasional karena keadaan khusus seperti tanah yang dibutuhkan oleh perjanjian dapat dinyatakan ulang.

"Perhatikan" persyaratan, mempersingkat waktu pelaksanaan pengadaan tanah untuk tanah.Setelah pelaksanaan hibah tanah untuk menyederhanakan prosedur untuk pembebasan tanah di muka untuk mendapatkan persetujuan untuk melaksanakan pekerjaan pendahuluan dan menyederhanakan hibah tanah atas dasar implementasi pasca-proses untuk mempercepat pelaksanaan pembebasan tanah. Kota berikutnya menyatakan tahun, tanah, laju pembebasan tanah harus mencapai 60%. Cara berhubungan dengan non-stroke proyek film untuk tanah, pembebasan tanah selesai pada prinsipnya, akan selesai dalam waktu 1 bulan untuk tanah.

Hukum pertanahan.
Pada pengalihan hak tanah pedesaan berkontraksi dan pengelolaan prinsip-prinsip hukum dan metode
Sumber: Pengarang: Editor: admin Timne :09-10-25 21:38:04


Lahan pedesaan dan manajemen kontrak pengalihan hak untuk menjadi "tiga pedesaan" dan fokus dari salah satu masalah. Ini akan menjadi hak kontrak tanah pedesaan dan pengelolaan transfer prinsip-prinsip hukum dan metode-metode untuk mengeksplorasi masalah dengan maksud untuk meningkatkan lahan pedesaan Cina berkontraksi dan sistem transfer hak operasi.


1, tanah pedesaan kontrak dan transfer manajemen konten yang tepat


Kontrak pengalihan hak pengelolaan tanah didasarkan pada hukum kontrak dan kontrak, kontrak pemilik tanah akan mendapatkan properti sifat hak atas tanah kontrak manajemen tidak mengubah kepemilikan pedesaan kepemilikan tanah dan jenis utama dan sifat dasar untuk pertanian sifat properti kontrak tanah hak untuk mengoperasikan semua atau bagian dari hak melalui subkontrak, leasing, pertukaran, pengalihan, atau mengalihkan kepada orang lain perilaku. Pengalihan hak pengelolaan tanah hukum kontrak memiliki karakteristik sebagai berikut:


(A) aliran utama ad hoc. Sifat spesifik dari daerah sirkulasi utama mencakup dua makna: Pertama, sifat spesifik aliran utama; Kedua, sifat spesifik dari subjek pengalihan. "Kontrak Tanah Pedesaan Hukum" menyatakan: "tanah transfer berkontraksi dan pengelolaan yang tepat adalah kontraktor utama. Persetujuan pihak yang berhak sesuai keputusan mereka sendiri apakah hak atas tanah kontrak manajemen dengan cara transfer dan aliran." Bahwa hanya dapat mentransfer kontraktor utama, termasuk lain membiarkan orang, termasuk unit atau individu tidak akan hak atas tanah kontrak manajemen sirkulasi utama. Di sisi lain, operasi kontrak tanah hak tubuh utama juga harus mempunyai pengalihan tertentu, yaitu pengalihan akan menjadi orang utama yang memiliki kemampuan operasi pertanian, biasanya petani.Penulis percaya bahwa hak atas tanah yang diperlukan kontrak manajemen di kalangan petani untuk mentransfer, tujuannya adalah untuk menghormati masyarakat pedesaan dalam pembentukan pola relatif stabil kepentingan dan struktur sosial, untuk menghindari menyoroti berikut potensi nilai tanah yang disebabkan oleh terjadinya perselisihan antara kepentingan petani.


(B) transfer objek dengan sifat tertentu, perundang-undangan seksual. Penulis percaya bahwa hak untuk transfer tanah objek manajemen kontrak dan tidak bisa begitu saja percaya bahwa hak atas tanah kontrak manajemen. Pengalihan dua jenis benda yang akan didefinisikan: Pertama, pertukaran, transfer dan bentuk lain dari kontrak hak pengelolaan tanah adalah pemindahan objek, yang merupakan transfer keseluruhan terjadi; 2 adalah selain swap dan bentuk-bentuk penugasan, kepemilikan dapat menjadi, dan lampiran di bagian hasil dari kompetensi dan disposisi untuk mentransfer tidak terjadi, pengalihan penggunaan lahan kanan adalah objek, atau, lebih tepatnya, penggunaan kekuasaan dan fungsi, dan melekat pada kompetensi mereka pada bagian hasil dan membuang energi adalah transfer objek. Keberatan dengan transfer ke divisi ini, tidak hanya dari signifikansi teoretis, tetapi juga memiliki signifikansi praktis.


(K) transfer isi sebuah undang-undang alam. Transfer konten yang adalah hubungan antara aliran antara berbagai subyek hak, kewajiban, dan tanggung jawab hukum yang sesuai. Para petani hak atas tanah kontrak manajemen adalah semacam kontrol atas kekuatan dunia, apakah itu berlalu, sirkulasi objek, transfer jumlah dan dengan cara apa masalah-masalah seperti transfer kebijaksanaan oleh kontraktor hak untuk otonomi. Dalam proses sirkulasi, yang Diberi Tugas usufructuary hanya menerima hak, dan bukan untuk mengubah pemanfaatan lahan.


Kedua, lahan pedesaan Cina berkontraksi dan pengalihan pengelolaan hak prinsip-prinsip hukum yang harus diikuti


Kontrak pengalihan hak pengelolaan tanah dari prinsip hukum yang merujuk pada seluruh penggunaan lahan pertanian kegiatan mentransfer hak dalam keseluruhan ideologi dan memandu pedoman dasar, ia mengandung dua makna) Pertama, transfer dari prinsip-prinsip hukum di seluruh pedesaan dan manajemen kontrak tanah pengalihan proses yang tepat, seluruh aliran proses signifikansi membimbing dalam tanah pedesaan berkontraksi dan mentransfer hak pengelolaan sistem, titik awal dan dasar fundamental; kedua, peran normatif sendiri, tidak ada petani, organisasi ekonomi kolektif dan Pemerintah dalam hak penggunaan lahan pedesaan kegiatan transfer harus didasarkan pada prinsip-prinsip hukum pengalihan sebagai dasar fundamental, setelah pelanggaran untuk menanggung tanggung jawab hukum.


(A) kebutuhan untuk mengikuti prinsip sukarela dibayar petani sirkulasi. Pengalihan hak tanah pedesaan berkontraksi dan pengelolaan pihak sipil adalah sama subjek, sirkulasi harus diserahkan oleh kontraktor benar-benar sukarela; sirkulasi dari kedua belah pihak menurut mereka sendiri konsultasi, formulir transfer, mentransfer konten, periode sirkulasi, mentransfer kondisi, dll; menandatangani kontrak harus merupakan cerminan sejati aliran sirkulasi Kedua belah pihak akan. Sirkulasi oleh organisasi kolektif pedesaan, petani harus memiliki kuasa tertulis tidak boleh menggunakan administrasi berarti memaksa atau menghalangi petani dalam sirkulasi.


(B) bersikeras kepemilikan tanah kolektif dan prinsip tanah untuk pertanian. Kontraktor dan pengelolaan lahan pengalihan objek yang tepat adalah kontraktor sesuai dengan hukum kontrak tanah dan hak pengelolaan, bukan kepemilikan tanah, oleh karena itu, pengalihan hak atas tanah kontrak manajemen mungkin tidak mengubah kontrak milik kepemilikan kolektif hubungan antara kepemilikan. Kontrak pengelolaan lahan kanan harus dipindahkan ke lahan pedesaan tidak mengubah dasar manajemen kontrak rumah tangga didasarkan; di kandang kepemilikan tanah kolektif pedesaan, pertanian keluarga, hak untuk beroperasi di bawah premis kontrak, pelaksanaan pengalihan hak guna tanah. Pemindahan tanah tidak bisa dikonversi ke non-pertanian tujuan.


(K) harus sesuai dengan prinsip pendaftaran. Hak manajemen kontrak tanah sebagai sebuah properti, dalam rangka untuk mentransfer keamanan yang diperlukan untuk menggunakan tingkat tertentu publisitas berarti. Pendaftaran prinsip-prinsip untuk menentukan alasan ini) Pertama, untuk memperkuat hak properti tanah berkontraksi dan efektivitas pengelolaan.Transfer yang diperoleh dengan pendaftaran sesuai dengan hukum hak atas tanah kontrak manajemen untuk memperoleh kredibel, mudah kepemilikan hak yang jelas, sehingga orang ketiga yang dikenal dengan tanah hak pengelolaan kontrak dan hak-hak keberadaan negara, dan mencegah kepemilikan eksklusif kontingensi yang kuat menderita kerusakan, tetapi juga untuk mengaktifkan ketiga dapat secara otomatis melaksanakan kewajiban non-pelanggaran.Kedua, untuk menjaga keamanan transaksi. Kontrak tanah kontrak pengalihan hak pengelolaan milik pengalihan hak milik pribadi, non-registered kesehatan non-efek. Mengikuti prinsip pendaftaran tidak hanya hak atas tanah hak pengelolaan kontrak sifat kebutuhan, tetapi juga persyaratan yang diperlukan untuk menjaga hak-hak para pihak.

(Artikel ini oleh "ibu jari kertas untuk menulis atas nama lemak" website dipublikasikan)

Ketiga, tanah pedesaan Cina berkontraksi dan transfer manajemen dengan cara yang benar


(A) Peningkatan lahan pedesaan yang ada kontrak dan transfer manajemen cara yang benar.Menurut Cina "Property Law" dan "Persetujuan Tanah Rural Hukum" penyediaan lahan pedesaan Cina manajemen kontrak dan pengalihan metode-metode yang tepat adalah sub-kontrak, sewa, pengalihan, tukar, ekuitas dan kredit dalam enam cara, ditambah persyaratan bahwa samar-samar "lain". Saya berpikir bahwa beberapa cara harus ditingkatkan.


Berkenaan dengan kontrak tanah hak operasi subkontrak. Pertama, "Hukum Kontrak Tanah Pedesaan" tidak secara eksplisit dilarang keras tanah, kedua sub-kontrak, dalam rangka untuk mencegah beberapa subkontraktor dan melemahkan hak-hak kekuasaan atas tanah, undang-undang harus secara jelas sekunder tanah subkontrak sangat dilarang. Kedua, subkontrak berarti hak untuk mentransfer berkontraksi dan pengelolaan tanah, berdasarkan subkontrak signifikansi praktis, itu harus untuk memulihkan fungsinya dalam dunia nyata, dan di properti hukum, ketentuan-ketentuan dalam sub-kontrak itu dikonfirmasi ketika hak milik Diberi Tugas dan persyaratan pendaftaran, karena kegagalan untuk mendaftarkan dianggap disewa. Tanah sangat dilarang subkontrak sekunder adalah untuk memastikan bahwa perintah transfer lahan pedesaan dan mencegah ukuran penting spekulasi lahan pedesaan.


Hak untuk beroperasi pada kontrak sewa tanah. "Kontrak Tanah Pedesaan Hukum" harus membiarkan isi lebih lanjut menyatakan bahwa: pertama, lessee tidak akan disewakan lahan pertanian, dalam rangka untuk mencegah hak atas tanah kontrak manajemen dan dampak dari berbagai penggunaan lahan sewaan, untuk menghindari beberapa melemahnya menyewakan tanah kontrak pemilik tanah sewaan kekuasaan, undang-undang akan melarang subletting; kedua, masa sewa guna usaha, hak pengelolaan tanah kontrak pengalihan hak-hak lessee dalam kondisi yang sama, dengan prioritas pada pengalihan hak; tanah kontrak dan manajemenpemilik keluar dari kontrak sewa kepada pembeli tetap berlaku.


Sehubungan dengan pengalihan hak pengelolaan tanah kontrak. Pertama, untuk melindungi hak pengelolaan tanah dikontrak seseorang hak kepemilikan dan otonomi manajemen produksi dan harus dibiarkan kontrak hak pengelolaan tanah sesuai dengan hukum di bawah kondisi transfer.Apakah takut yang memungkinkan pengalihan hak pengelolaan kontrak tanah akan menyebabkan fenomena pembebasan tanah dan produksi para petani keamanan dasar mereka tidak diperlukan. Di satu sisi, pencaplokan tanah oleh legislatif pembatasan, seperti batas maksimum kepemilikan tanah dan kepemilikan petani atas tanah seperti minimum untuk mencegah munculnya fenomena berskala besar perolehan tanah; sisi lain, transfer dan kontrak tanah hak pengelolaan kepemilikan tanah itu sendiri bukan merupakan transfer tidak akan mengarah ke aneksasi kepemilikan tanah, kepemilikan tanah tetap di tangan kolektif, bahkan setelah pengalihan hak penggunaan, manajemen hak kolektif dapat juga tertular pengalihan sesuai dengan hukum dan ketentuan-ketentuan kontrak untuk menikmati hak-hak tertentu, dan dapat pada kontrak pengalihan itu hak untuk mengoperasikan kendala tertentu.


Kedua, penghapusan pertanian pengalihan penggunaan tanah hak harus tertular kondisi persetujuan. Menurut "Tanah Pedesaan Hukum Kontrak" dan menyatakan bahwa kontraktor akan dialihkan kepada pihak ketiga kontrak harus tunduk pada persetujuan kontrak, itu adalah pasangan konsisten kontrak karya klaim dan utang dijelaskan karakteristik transfer atau bagian dari transfer, bukan karakteristik dari pengalihan harta. Berdasarkan kontrak tanah dan pengelolaan hak atas properti atribut, petani, tentu saja sifat otonom pengalihan hak milik atas tanah hak pengelolaan kontrak tanpa persetujuan pemberian partai. Sifat tanah hak pengelolaan properti kontrak, setelah didirikan, penduduk dalam hukum dan kontrak hanya diberi pesta pemberian status organisasi hak untuk menikmati kontrak, dan bukan untuk campur tangan dalam menikmati hak asasi manusia di rem tindakan, ia bertindak, kecuali jika kontrak menyatakan bahwa pembentukan perilaku tidak dapat ditransfer hak atas tanah kontrak manajemen.


Berkenaan dengan hak pengelolaan kontrak tanah saham. "Tanah Kontrak Hukum" Artikel $!

Makan malam setelah shalat Maghrib sekitar jam 18.40 dengan hidangan agak lain sedikit yaitu ikan mentah dari jenis ikan tuna yang tadi sore sempat di beli di Carefure, 180 gram seharga Rp 13 350,- dan ternyata Fifinya sangat suka, juga Astari kakaknya, Tyas dan saya, sedangkan ibunya hanya melihat saja, sedangkan Yasin kerena bermain di luar rumah terpaksa di abaikan.



Sabtu, 30 Januari 2010.

Hujan sedemikian gencarnya, tetapi cucian baju yang menumpuk telah tercuci pagi ini, sehingga untuk mengeluarkan pakaian dan memasukannya ini dalam sehari ini sampai lima kali.

Sore hari agak cerah malahan kering semua pakaian.
Dirumah sedang diselenggarakan pengajian ibu- ibu RT dan makanan utamanya adalah bubur merah putih pesanannya Fifi, dan sibuk membuatnya sejak pagi hari.







Minggu, 31 Januari 2010.

Pagi hari secepatnya sarapan dan berangkat ke pasar bersama Yasin, hujan telah mengirngi sejak berangkat, hujan pagi ini menambah semangat untuk bermotor dan pergi kepasar, gelap pagi masih menyelimuti, dan saat mulai belanja mendapat sayuran yang agak murah, kacang ijo satu kilo sudah pasti ngak bisa di abaikan sebab konsumsi kacang ijo di rumah termasuk tinggi, kacang ijo memperbaiki gizi keluarga.

Sewaktu mendapat ikan mas yang baru saja mati di kolam penjualan seharga Rp 15 000,- se kilonya, langsung membeli dan secepatnya di lengkapi dengan bumbu pepes ikan, setibanya di rumah yang dikerjakan terlebih dahulu adalah secepatnya membuat pepes ikan dengan tambahan bumbu bawang merah daun bawang, lombok rawit di banyakin sedikti biar terasa pedis, dan potongan jamur kerang putih, setelah bumbu di haluskan dan di aduk dengan bumbu yang dibeli dari pasar dan di tambahi irisan halus jamur kerang, adonak di masukan ikan mas yang telah di potong dua, setelah itu di bungkus dengan daun, hanya saja yang mengerjakan ikan mas pepes ini adalah juga termasuk Fifi.

Sangat ramai, anak- anak bermain dengan masakan yang betul akan di masak, dan setalh itu di presto, tunggu 20 menit langsung panas- panas makan dengan nasi, semua ikut makan, Fifinya sedikit rewel ia ingin di buatin telor dadar isi irisan daun bawang, bawang merah dan putih.

Seperti terkena hipnotis semua tertidur pagi itu sampai jam 12.00 saat adzan dzuhur di kumandangkan.

Habis ashar dibantu Yasin yang naik keatap untuk menyapu atap dari endapan hancuran daun dan buah mengkudu yang jatuh keatas atap. Dan membentuk bendung, sehingga kalau hujan turun air malahan tidak mengalir turun tetapi masuk di sela-sela sambungan untuk membocori ruangan..itu

Tiada ulasan: