selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Jumaat, Februari 03, 2006

Bangunan yang membunuh

Bangunan yang membunuh

Lain sekali jikalau kita berdiri didepan rumah diwilayah pinggiran perdesaan, dimana rumahnya dengan pintunya selalu dengan mudah dijumpai, ternyata pintu itu sesuatu yang tidak sederhana, bagaimana jikalau kita berdiri didepan ruko-ruko diJakarta kota di pusat-pusat perkotaan baik di kabupaten maupun di propinsi, bangunan dengan jeruji besi, tralis yang mengengkang penghuninya, dan ada yang sangat hebat dan seram,m tak memberi kesempatan sedikitpun orang luar untuk masuk, jangankan untuk mendapatkan pintunya, bangunan itu sangat tertutup, dan berita berikutnya adalah terlalu sering kita dengar beberapa orang penghuni rumah itu terpanggang dal;am kurungan api yang membakar rumayhnya sehingga regu penyelamat mendapatkan beberapa jenazah yang menumpuk di kamar mandi di lantai atas dengan tubuh yang hangus, itu adalah peristiwa yang mencekam dan siatuasinya yang mengikat pada waktu escape yang sempit, dan tidak mudah mendapatkan pintu keluar, sekarang bagaimana undang- undang tata bangunan mengantisipasi hal ini, hanya diberi saran bahwa pemilik bangunan menyediakan pintu darurat atau pintu penyelamatan dari kebakaran, tapi tidak melarang untuk mengurung bangunan dengan teralis yang luar biasa kokohnya sehinga merusak pandangan estetika bangunan itu sendiri, okeylah ambilah sikap ambivalent, menganjurkan secara undang-undang tidak dan melarangpun tidak, bagaimana jikalau penampilan bangunan di suatu pusat kota yang berpenampilan muram dengan teralis besi yang memagar rapat. adakah sedemikian wajak kota kita akhirnya, tidak adakah suatu rekayasa cerdas sedikit saja untuk mendapatkan jalan keluar dari penampilan yang sdemikian ini. Bangunan adalah suatu bentuk ruang yang direncanakan, yang mempunuyai maksud dan tujuan, yang menghendaki hadirnya sesuatu yang diharapkan ada, dan mempunyai maksud melindungi sipenghuni dari pencurian, dan penjarahan serta cuaca. tetapi kan tidak penampilannya lantas berhiaskan jeruji besi yang kekar.

Okeylah kalau kita bicara soal perilaku, perilaku yang menumpuk barang dengan berbagai jenis disuatu ruang bangunan adalah perilaku kita juga kan, sehingga kita kurang waspada bahwa diantara tumpukan barang yang dihimpun terdapat benda atau cairan yang gampang terbakar. apakah perilaku kita ?

Tiada ulasan: