Terdapat ralat dalam alat ini

selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Selasa, Disember 28, 2010

Minggu 10 Okt - Sabtu 23 Okt 2010

Minggu, 10 Oktober 2010.

Senen, 11 Oktober 2010.
Selasa, 12 Oktober 2010.
Rabu, 13 Oktober 2010

Kamis, 14 Oktober 2010.

Jumat, 15 Oktober 2010.
Sabtu, 16 Oktober 2010.

Minggu, 17 Oktober 2010.

Senen, 18 Oktober 2010.

Menyusun membuat laporan perjalanan ke Rawapening minggu lalu.



Selasa, 19 Oktober 2010.






Rabu, 20 Oktober 2010.


Pagi sudah sampai ke kantor, langsung mempersiapkan karya tulisnya Yasin yang di tugaskan dari sekolahnya untuk mencari artikel apa saja di internet untuk diambil pengetahuannya mengenai penyakit pada mata, mengenal indra pengecap, bagian- bagian indera pengecap dan mekanisme indra pengecap.


Penyakit mata atau bahasa kerennya Eyes Diseases
03.13 | Author: Hady

Penyakit mata".
Penyakit mata tidak hanya dijumpai pada manusia, tapi banyak juga dijumpai pada anjing. Kasus yang terjadi pada anjing beraneka ragam, mulai kasus ringan hingga berat. Ketidaktahuan pemilik anjing akan penyebab penyakit mata sering berakibat bertambah parahnya gangguan pada mata anjing kesayangannya. Pemberian obat yang tidak benar atau obat-obatan yang beredar di pasaran, dapat menjadikan kerusakan mata lebih meluas. Sebagai contoh obat-obat tetes mata yang beredar bebas di pasaran tidak cocok untuk kasus glaucoma atau meningkatnya tekanan cairan bola mata. Bahkan bila pemberian yang berlebihan akan membuat rusaknya biji mata yang berakibat kebutaan. Untuk memahami berbagai kasus pada mata, setidaknya problema pada mata dibagi menjadi 2 bagian besar berdasarkan auto minya yaitu problem pada biji mata dan problem diluar bola mata.
Bagian penting dari mata yang sering mengalami gangguan yaitu cornea atau bagian terluar dari bola mata yang berupa lapisan tipis. Bagian ini sering mengalami luka (ulcercornea) karena berbagai hal, trauma atau infeksi bakteri. Dibelakang cornea terdapat cairan yang disebut anterior dumber yang seringkali tekanannya meningkat karena kenaikan limbah cairan yang ada disebut glaucoma. Tekanan cairan yang meningkat ini dapat menyebabkan lensa mata tertekan, sehingga terjadi kebutaan. Sedangkan yang dimaksud dengan katarak adalah keruhnya lensa mata yang bisa disebabkan faktor usia. Keradangan pada selaput pelangi atau iris sering disebut uveitis. Jadi jelas bahwa perlu hati-hati dalam menyebutkan perubahan magma pada mata karena tidak semua perubahan kornea adalah katarak.
Diluar bola mata problem gangguan yang sering ditemui misalnya mata belekan. Belekan adalah kotoran mata yang sering dijumpai pada sudut mata. Penyebab belekan beragam diantaranya karena benda asing atau karena melengkungnya kelopak mata berarah biji mata sehingga mata seperti tertusuk. Penyebab lain belekan dapat berupa infeksi kuman atau alergi sehingga mata terasa gatal. Umumnya bila terjadi infeksi atau alergi bagian dalam dari kelopak mata memerah atau meradang. Kasus belekan juga dapat terjadi karena tersumbatnya saluran mata.
Problem mata yang juga banyak dijumpai yaitu cherry eye atau keluarnya kelopak mata bagian tengah sehingga menonjol mirip buah cherry yang hanya bisa diatasi dengan tindakan operasi. Trauma yang sering terjadi karena pakula atau gigitan seringkali menyebabkan keluarnya bola mata. Pada kasus ini hanya menimpa anjing-anjing pekingese. Lepasnya bola mata harus segera ditangani dengan memasukkan kembali bola mata dan menjahit kelopak mata sehingga menahan bola mata keluar kembali. Pada kejadian yang berat adalah bola mata sudah tidak dapat berfungsi lagi maka sebaiknya dilepas atau diamputasi sehingga tidak dapat menyebabkan infeksi yang melanjut.
Dari uraian kasus mata diatas dapat disimpulkan bahwa perlu kehati-hatian dalam menangani problem mata karena tidak semua obat mata mampu mengatasi problem mata bahkan bila akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

sumber dari : Pakdhe Google
|














Indra Pengecap

Pengertian Umum

 INDERA PENGECAP TERLETAK PADA LIDAH
 LIDAH MERUPAKAN SUATU RAWAN (cartilago) YG AKARNYA TERTANAM PADA BAGIAN POSTERIOR RONGGA MULUT (cavum oris) DEKAT DGN KATUP EPIGLOTIS YG MENUJU KE LARYNG
 PADA LIDAH TERDAPAT PUTING-2 PENGECAP (TASTE BUD) YG DAPAT MENDETEKSI SEGALA MACAM RASA
 RASA MANIS (SWEAT)à PD UJUNG LIDAH; RASA ASIN (SALT) à SAMPING LIDAH (KIRI & KANAN) AGAK KE DEPAN; RASA ASAM (SOUR) à SAMPING LIDAH (KIRI & KANAN) AGAK KE BELAKANG DARI RASA ASIN; RASA PAHIT (BITTER) àPANGKAL LIDAH; SEDANGKAN BAGIAN TENGAH LIDAH MERUPAKAN RASA PEDAS
 PEDASPUN MEMPUNYAI RASA PEDAS MANIS, PEDAS ASIN, PEDAS ASAM & PEDAS PAHIT
UNTUK MENGHINDARI KERUSAKAN SYARAF PENGECAP, DIANJURKAN TDK MEMAKAN/MEMINUM YANG TERLALU PANAS


Lidah (Indera Pengecap)
5.1 Bagian tentang Lidah

Lidah terdiri atas dua kelompok otot yaitu otot intrinsik yang berfungsi untuk melakukan semua gerakan lidah dan otot ekstrinsik. Otot ekstrinsik ini mengaitkan lidah pada bagian-bagian sekitarnya serta melakukan gerakan-gerakan kasar yang sangat menekannya pada langit-langit dan gigi, kemudian mendorongnya masuk ke faring.

Gambar 5.1 Struktur dan Anatomi Lidah Manusia

Permukaan atas lidah manusia seperti beludru karena dilapisi oleh beberpa lapisan. Pada manusia reseptor bagi stimulus rasa berada pada kuncup pengecap (Taste bud) yang tersebar di lidah. Permukaan lidah manusia seperti beludru, karena ditutupi oleh beberapa lapiisan. Pada penampang lidah kuncup pengecap mengalami penjuluran yang biasa disebut dengan papila. Papila bermacam-macam sesuai bentuk dan lokasi banyaknya papila tersebut ditemukan.








a. Papila filiformis

Papila filiformis banyak dan menyebar pada seluruh permukaan lidah yang berfungsi untuk menerima rasa sentuh dari rasa pengecapan.

b. Papila sirkumvalata


Papila sirkumvalata memiliki bentuk V dan terdapat 8–12 jenis yang terletak di bagian dasar lidah. Papila ini berukuran paling besar daripada yang lain.


c. Papila fungiformis


Papila fungiformis menyebar pada permukaan ujung dan sisi lidah dan berbentuk jamur.
d. papila foliata

papila foliata ini umumnya banyak terletak pada bagian sisi lidah.

5.2 Proses Pengecapan
Seperti halnya indera yang lain, pengecapan merupakan hasil stimulasi ujung saraf tertentu. Dalam hal mampu membedakan kelezatan makanan tersebut karena ada stimulasi kimiawi. Pada manusia, ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap pada lidah. Kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu, terletak pada lidah di bagian depan hingga ke belakang.

Di dalam satu papila terdapat banyak kuncup pengecap (taste bud) yaitu suatu bangunan berbentuk bundar yang terdiri dari 2 jenis sel, yaitu sel-sel penyokong dan sel-sel pengecap sebagai reseptor. Setiap sel pengecap memiliki tonjolan-tonjolan seperti rambut yang menonjol keluar taste bud melalui taste pore (lubang). Dengan demikian zat-zat kimia yang terlarut dalam cairan ludah akan mengadakan kontak dan merangsang sel-sel kemudian timbul lah impuls yang akan menjalar ke syaraf no VII dan syaraf IX otak untuk diteruskan ke thalamus dan berakhir di daerah pengecap primer di lobus parietalis untuk kemudian diinterpretasikan. Makanan yang dikunyah bersama air liur memasuki kuncup pengecap melalui pori-pori bagian atas. Di dalam makanan akan merangsang ujung saraf yang mempunyai rambut (Gustatory hair). Dari ujung tersebut pesan akan dibawa ke otak, kemudian diinterpretasikan dan sebagai hasilnya kita dapat mengecap makanan yang masuk ke dalam mulut

Banyak sekali jenis makanan dan minuman yang ada di sekitar kita. Rasa makanan dan minuman itu bermacam-macam, ada yang manis, asin, asam, bahkan ada pula yang pahit. Kita dapat merasakan rasa manis, asin, asam, dan pahit menggunakan lidah. Rasa yang dikenal lidah terdiri atas 4 rasa. Berikut merupakan tinjauan sensasi rasa dilihat dari zat-zat kimia penimbul sensasi rasa.

1. Pahit, ditimbulkan oleh alkaloid tumbuhan. Alkaloid ialah zat-zat organik yang aktif dalam kegiatan fisiologis yang terdapat dalam tumbuhan. Contohnya ialah kina, cafein, nikotin, morfin dan lain-lain. Banyak dari zat-zat ini bersifat racun.
2. Asin, ditimbulkan oleh kation Na+, K+ dan Ca+
3.Manis, ditimbulkan oleh gugus OH- dalam molekul organik. Gugus ini terdapat pada gula, keton dan asam amino tertentu.
4. Asam, ditimbulkan oleh ion H+
Kuncup pengecap untuk masing-masing indra tersebut terletak di daerah yang berbeda-beda pada lidah kita. Untuk citarasa manis berada di bagian ujung lidah, juga untuk rasa asin. Kuncup pengecap untuk rasa masam ada di sisi lidah. Sedangkan kuncup pengecap untuk citarasa pahit berada di bagian belakang lidah. Inilah sebabnya apabila kamu makan makanan yang mempunyai rasa manis dan pahit sekaligus, maka yang terasa lebih awal adalah rasa manis barulahkemudian rasa pahit
Indra Pengecap (Lidah)
Lidah mempunyai reseptor khusus yang berkaitan dengan rangsangan kimia. Lidah merupakan organ yang tersusun dari otot. Permukaan lidah dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir, dan reseptor pengecap berupa tunas pengecap. Tunas pengecap terdiri atas sekelompok sel sensori yang mempunyai tonjolan seperti rambut.
Permukaan atas lidah penuh dengan tonjolan (papila). Tonjolan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga macam bentuk, yaitu bentuk benang, bentuk dataran yang dikelilingi parit-parit, dan bentuk jamur. Tunas pengecap terdapat pada paritparit papila bentuk dataran, di bagian samping dari papila berbentuk jamur, dan di permukaan papila berbentuk benang.





Indera Pengecap
Iqbal
Penjelasan Mekanisme Pengecap
Pada mamalia dan vertebrata yang lain, pada lidahnya terdapat reseptor untuk rasa. Reseptor ini peka terhadap stimulus dari zat-zat kimia, sehingga disebut kemoreseptor. Reseptor tersebut adalah kuncup-kuncup pengecap. Kuncup tersebut berbentuk seperti bawang kecil atau piala dan terletak dipermukaan epitelium pada permukaan atas lidah. Kadang juga dijumpai pada langit-langit rongga mulut, faring dan laring, walaupun sedikit sekali.
Kuncup-kuncup pengecap ini ada yang tersebar dan ada pula yang berkeompok dalam tonjolan-tonjolan epitel yang disebut papila. Terdapat empat macam papila lidah:
1. Papila foliate, pada pangkal lidah bagian lateral,
2. Papila fungiformis, pada bagian anterior.
3. Papila sirkumfalata, melintang pada pangkal lidah.
Ketiga papila di atas mengandung kuncup pengecap, dan
4. Papila Filiformis, terdapat pada bagian posterior. Pada foliate tidak terdapat kuncup-kuncup pengecap.
Setiap kuncup pengecap terdiri dari dua macam sel, yaitu sel pengecap dan sel penunjang, pada sel pengecap terdapat silia (rambut gustatori) yang memanjang ke lubang pengecap. Zat-zat kimia dari makanan yang kita makan, mencapai kuncup pengecap melalui lubang-lubang pengecap (taste pores).
Kuncup-kuncup pengecap pada semua vertebrata mendapat persarafan dari cabang-cabang saraf kranial nomor VII, IX, dan X.
Kuncup-kuncup pengecap dapat merespon empat rasa dasar, yaitu manis, masam, asin dan pahit. Pada lidah reseptor-reseptor yang sensitif terhadap rasa manis terdapat pada ujung lidah, sedangkan untuk rasa masam terdapat pada bagian kanan dan kiri lidah. Pangkal lidah sensitif untuk rasa pahit dan bagian samping depan sensitif terhadap rasa asin.






Kamis, 21 Oktober 2010.

Berpuasa hari ini, mengingat ada kelebihan energi semalam.

Jam sudah menunjukan 04.14, dan belum sahur, lihat energi masih banyak, sahur hanya dengan dua gelas minuman jus sayur .

Rapat pagi hari di BRKP Kelautan Petamburan Slipi Jakarta Barat.

Berangkat pagi dan tiba di sana malahan ke pagian sebab jam 09.00 sudah memasuki kantor BRKP.

Rapat siang hari jam 14.00 di Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka rehab dan relokasi lantai ruang kerja menteri.

- Pak Pur ternyata sudah disana
- Terlihat ada pekerjaan pembongkaran lantai yang telah di pasang Marmer salah warna,
- Rapat berlangsung seru sebab sekretaris menteri sering merubah bestek yang padahal ini tidak boleh untuk jaminan waktu pelaksanaan dan order barang yang di pesan.

- pulang kehujanan di Salemba

- Sangat ramai ibu- ibu pengajian ke masjid At Tien. Terdengar Adzan maghrib waktu buka puasa, pinggir di depan Carefure dengan minum teh kotak yang merupakan konsumsi rapat tadi siang yang saya bawa pulang.

- Shalat maghrib di Masjid Akbar di Ciracas, pintu masuk halaman masjid di kompleks CPM itu sngat licin sebab ada galian tanah.

- Masuk rumah jam 19.30 dengan badan terasa dingin sepanjang 50 km kehujanan, fifi belum pulang dari ngaji di tetangga, langsung aja buka puasa,






Jumat, 22 Oktober 2010.






Sabtu, 23 Oktober 2010.

Tiada ulasan: