selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Rabu, Ogos 23, 2006

Rapat ANDAL Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Rabu, 26 Juli 2006


Dari Kantor sudah berniat akan memasukan uang ke Bank BNI untuk pembayaran uang kuliahnya Aswan di ITS semester ini. Lalu lintas macet dimana, dipilih BNI di Jalan Iskandar Muda, penghubung Kebayoran lama ke Pondok Indah, harus melewati jalan Ciputat Raya, belok di Kebayoran lama di jalan Bungur, kemacetan juga didapat sewaktu melewati Ciputat Raya.

Kemudian balik lagi ke kantor dan setibanya di Kantor, jam 08.26 sudah dicari-cari Pak Imam Orang kepercayaan nya pimpinan, dan ketemunya di ujung gang kantor. Sambil memegang undangan yang dikirim lewat Faks ia mengatakan :
untuk mengikuti rapat di BPJT di Jalan Patimura Departemen Pekerjaan Umum, Saya naik dahulu ke meja kerja untuk meminum barang seteguk sebelum berangkat lagi ke Departemen.

Jam 10.10 saya sudah sampai dihalaman bawah Lobby Menteri Departemen Pekerjaan umum, saya naik dan belok kekiri, melewati pintu penghubung Bapak Menteri dengan Dirjen Bina Marga, dan langsung memasuki ruang rapat.

Setibanya di ruang rapat, saya seperti memasuki Kerukunan Para Pensiunan, sebab Konsultan Nusvey didukung oleh para pensiunan dan oleh para senior lainnya.

Paparan Konsultan Nusvey untuk merencanakan Trace Jalan Tol Pekanbaru ke Dumai, sangat jelek pemaparannya, terlihat sekali tidak efisien dalam menstruktur uraian dalam paparannya, banyak sanggahan yang dilontarkan terutama dari saya dan dari Ibu Nurmala sebagai peserta rapat.

Saya kesulitan memberikan masukan sebab Peta yang disampaikan kurang terbaca, skalanya kurang dan informasi rona wilayahnya kurang lengkap.

Shalat Dhuhur pun tiba, ruangan rapat saya tinggalkan, saya mencari tempat shalat, dilantai dua BPJT itu tidak disediahkan musholah Sholat, saya turun hendak mencari Masjid As Salam, masjid Departemen, mengingat jauh letaknya dan ini masih jam rapat, langkah kaki yang sudah sampai di lapangan parkir saya urungkan, saya naik ke lantai empat disana ada musholahnya.

Rapat dilanjutkan, dan tidak mendapat kegairahan, moderator gagal membawa rapat ke tujuan efektip penggunaan waktu dan sasaran rapat, sebab peserta banyak yang gelisah kerena waktu sudah siang, terutama sewaktu ibu Burmala dari Bina Marga menyatakan kepada Konsultan untuk lebih banyak berbicara dengannya agar diberi tata cara penyampaian KA AMDAL PAKANBARU – DUMAI. Saya anggap pernyataan ini adalah final, sebab rapat tidak bisa dilanjutkan apabila konsultan tidak diberi masukan terlebih dahulu dari Ibu Nurmala.

Rapat BPJT di tutup jam 13.00

Keluar dari ruang rapat saya berjalan ke ruang BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM, masih satu lantai dengan ruang rapat.
Sewaktu saya menyampaikan maksud kedatangan saya untuk memasukan Abstrak penulisan dalam lomba penulisan yang diselenggarakan Balitbang Dept PU, yang ditutup pemasukannya tanggal 31 Juli 2006 besok.
Ia menjawab agar saya naik kelantai Tiga disana ada orang yang ditugaskan untuk menerima tulisan tersebut.
Informasi penting yang saya dapat bahwa waktu pengumpulan karya tulis diundur menjadi tanggal 30 September 2006.

Rapat selanjutnya ke BRKP di Mampang Prapatan.
Kembali motor dihidupkan, setelah mengenakan jiket Almarhum Ayahnda, jiket itu sendiri telah berumur sekitar 30 tahun, berangkat menyusuri kota Jakarta menuju Badan Riset Kelautan dan Perikanan.
Rapat kali ini mengagendakan penyusunan jawaban Panitian Lelang Pembangunan Gedung Lima Lantai BRKP lokasi Ancol Jakarta Utara, terhadap sanggahan dari kontraktor yang tidak masuk nominasi tiga besar calon pemenang tender pekerjaan tersebut.

Sesampai di BRKP jam 13.30 makan siang dahulu, kemudian dihidangkan irisan buah berupa rujak, makan juga sampai habis, sebab lapar dari tadi, rapat di BPJT tidak diberi makan siang.

Rekan-rekan sesamam Departemen Pekerjaan Umum yang ditugaskan kesini ada tiga orang, Pak Purwadi, Pak Azis, dan saya sendiri, mereka belum terlihat datang.

Jam 14.30 kadatangan ngantuk yang luar biasa, saya tertidur baring dideretan kursi-kursi, sedangkan rapat penyusunan sedang berlangsung, hal ini bagi rekan-rekan bukan merupakan hal luar biasa, sebab ngantuk itu adalah final.
Semua pekerjaan harus dihentikan jikalau ngantuk datang.

Saya tertidur limabelas menit rupanya, terlihat sanggahan sudah tersusun, saya periksa.

Sanggahan dari PT Widya Satria

Ia menyangggah sebab pada pembukaan SPPH tanggal 10 Juli kemaren itu, ia tidak diikutkan dalam proses berikutnya setelah pembukaan syarat administrasi diketahui surat asli dimeterai tetapi tidak dicap, menurut RKS ya tidak syah, hanya saja bahasa syah dan tidaknya dilunakan.

Sanggahan dari PT Idee Murni Pratama.

Pembukaan dokumen penawaran menyimpang, katanya, sebab ada kurban yaitu PT Widya Satria, selanjutnya ia menulis juga Evaluasi Dokumen Penawaran direkayasa, di indikasikan semangat Keppres no 80/2003 hilang, diminta Tender Ulang dan akan melakukan Somasi Hukum.

Sanggahan dari PT Panggu Artha Prima

Merupakan sanggahan Banding, sebab angka tertulis 79,20 sedangkan tertulis dihuruf tujuh puluh dua koma delapan puluh.


Sanggahan dari PT PP.

Dicurigai dari panitia terdapat permainan oknum PP sendiri yang memang ada BUMN yang kerjanya hanya sebagai Peserta Tender tetapi diarahkan tidak pernah menang, dan sekarang PT PP menduduki peringkat ke tiga apabila peringkat diatasnya gugur ia bisa naik, yang jadi maslaha setelah di verifikasi, PP tidak bisa menunjukan bukti-bukti aksi atas Akte perusahaan, dan lain persyaratan yang harus ditunjukan ke asliannya, sebab ia mengaku sendiri bahwa surat aslih perusahaan sedang dibawa di Surabaya untuk mengikuti tender juga disana.


Keluar dari BRKP jam 23.00
Jalanan sepi sehingga motor bisa melaju kencang, hanya saja setibanya dipasar kramat jati, tersendat kerena banyak pedagang malam, yang menurunkan barang dagangannnya dari mobil truk terbuka.
Masuk rumah semalam tepat jam 24.00 malam

Tiada ulasan: