Terdapat ralat dalam alat ini

selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Selasa, Mac 27, 2007

Rapat lanjutan di DKP

Selasa, 30 Januari 2007


Ada undangan rapat di Departemen Kalautan dan Perikanan, nanti siang jam 13.00 membahas persiapan dan perkembangan terakhir tender 71 milyard pembangunan kantor Departemen Kelautan dan Perikanan.

Rapat intern dalam kantor membahas kegiatan tahun 2007 ini, saya di bebankan pada modul bencana alam

Jam 12.00 setelah shalat dan makan siang langsung berangkat ke Dept kelautan dan Perikanan, sewaktu meninggalkan kantor hari hujan siang itu, sehingga harus menggunakan perisai anti hujan segala.

Jalur lintasan adalah selepas dari Kompleks Kantor Pu langsung masuk jalur Pondok Indah Mall, dan terus samapi keputaran menuju Pallmerah dan tembus Tanah Abang, disini macetnya luar biasa, ya seperti belum ada dana pembangunan Fly Offer, dahulu sebelum dibangun juga macet dan sekarang setelah di bangun juga macet.

Setelah keluar dari kemacetan didepan pasar langsung menuju perempatan Tanah abang menuju jalan Setia Budi dan masuk Balai Kota dan Stasiun Gambir langsung masuk ke kantor Dept Kelautan dan Perikanan.

Ruangan rapat masih kosong berarti bahwa saya datang paling dahulu, setelah memanaskan tubuh denga minum kopi hangat dengan campuran kremer yang sudah disediakan panitia.

Permasalah pertama yang saya jumpai adalah :

1, Sanggahan Banding yang dikirim PT Adhi Karya dan sekarang sedang disusun jawabannya, sebab jawabannya telah dibuat dua kali tetapi Sekjen DKP menolaknya dengan alasan kurat kuat sanggahannya.

Isi selengkapnya mengandung :

a, Mengenai keterlambatan pengioriman surat, setelah di konfirmasi kepada panitia bahwa surat nomer B 3266/SJ.2/PL.420/XII/2006 tanggal 22 Desember 2006 dibuat dan ditandatangani pada hari Jumat sore tanggal 22 Desember 2006 jam 17.00 dan baru dikirimkan pada hari Selasa tanggal 26 Desember 2006, perbedaan waktu pengiriman surat selama 4 ( empat ) hari bukan merupakan unsur kesengajaan dari panitia untuk mengulur waktu, kerena hari Sabtu – Senen adalah hari libur.

b. Pengiriman surat tersebut juga disampaikan kepada seluruh peserta prakualifikasi lainnya dalam waktu yang samauntuk melengkapi kekurangan dokumen prakualifikasi, dan jangka waktu 4 hari kerja, cukup waktu untuk melengkapi kekurangan dokumen kualifikasi masing-masing perusahaan, selanjutnya kekurangan dokumen tersebut agar diserahkan kepada panitia paling lambat 29 Des 2006.

c. Sebagai bagian dari prosedure prakualifikasi, panitia dapat meminta kepada peserta prakualifikasi untuk menyampaikan klarifikasi dan atau untuk melengkapi data yang kurang dalam jangka waktu tertentu yng mengikat, jika peserta prakualifikasi tidak menyampaikan klarifikasi nya atau tidak melengkapi kekurangnya maka panitia memutuskan peserta prakualifikasi tersebut tidak lulus.


Topik pembahasan rapat berikutnya adalah Penyusunan Telaahan Pekerjaan Pengadaan Manajemen Konstruksi.


1. Sesuai dengan PP 29/2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi pasal 12 butir 1 a. (5) menyatakan bahwa pekerjaan lanjutan yang secara teknis merupakan satu kesatuan konstruksi yang sifat pertangguannya terhadap kegagalan bangunan tidak dapat dipecah – pecah dari pekerjaan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.


2. Berdasarkan keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No 339/KPTS/M/2003 tanggal 31 Desember 2003 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konstruksi oleh instansi Pemerintah dalam Bab III B point 4.b Penunjukan langsung dapat dilakukan untuk pekerjaan lanjutan yang secara teknis merupakan kesatuan konstruksi yang sifat pertanggungannya terhadap kegagalan bangunan tidak dapat dipecah- pecah dari pekerjaan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dengan persetujuan Menteri/Gubernur/Bupati/Walikota.

3. Berdasarkan KepMen Kimpraswil No 332/ 2002 Bab V B2a1(c) yang berbunyi : Konsultan MK bertugas sejak tahap perencanaan sampai serah terima tahap ke II pekerjaan fisik, dan berfungsi melaksanakan pengendalian pada saat perencanaan dan konstruksi baik di tingkat program maupun ditingkat operasional.

Mk dilakukan apabila Bangunan bertingkat diatas 4 lantai, luas 5000 m2 dan lebih dari satu tahun anggaran ( Kep Men Kimpraswil 332/2002 Bab V B2a1 (f). )

Kesimpulannya MK yang lama ditunjuk langsung, dengan titik perhatiannya harus diperbaiki kinerjanya.

Sebelum proses penyusunan Telaah ini selesai adzan maghrib pun datang sehingga saya tinggal sebentar untuk mengerjakan shalat, sementara saya telah mengambil air wudhu dan memasuki ruangan shalat, tiba-tiba terdengar seseorang bergegas untuk mengikuti shalat juga seraya memanggil teman yang lain.

Ruang shalat ini berdampingan dengan ruang rapat, dan kegiatan pembahasan rapat belum berakhir, tetapi sewaktu saya mulai mengeraskan suara takbir untuk mengawali shalat, mereka sadar dan membubarkan diri dan ramai ke kamar kecil untuk mengambil air wudhu dan shalat bersama.

Setelah itu dihidangkan makan malam berupa nasi dos dengan ikan bakar, Acara ditutup dan keluar dari DKP sekitar jam 19.30.

Sepanjang jalan pulang menjumpai dua kali kecelakaan sepeda motor, yang satu didepan UI Salemba di jalan Diponegoronya, sebab saya datang dari arah tugu tani, Cikini, masuk jalan Diponegoro di gedung Bioskop Megaria.

Dan yang satu masih sekitar jalan Cikini sekitar Ismail Marzuki.

Kepadatan lalu lintas di jalan Salemba dan Kramat saat itu sangat luar biasa, sebab busway sudah beroperasi sehingga semua ditumpahkan dijalur non bus way.

Memasuki Cawang belakang dan Celilitan , langsung masuk jalan Celilitan besar, Halim Perdanakusuma, jalan squadron dan memasuki gang kecil tembus di Taman Mini Carefure, melintas di Taman Mini dan masuk terowongan ketemu jalan Ceger dan Shalat Isya di kompleks CPM Ceger Masjid Barokah, Malam itu masjid sedang mengadakan pertemuan beberapa ibu-ibu pengajian.

Memasuki Cibubur dan lanjut sampai Cileungsi dan membeli bensin Rp 10 000,-, sebelum sampai di pertigaan Gandoang sempatkan diri ganti Olie agar besok pagi langsung berangkat,

Masuk rumah jam 22.15.

Tiada ulasan: