Terdapat ralat dalam alat ini

selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Selasa, Julai 31, 2007

Hari ke tiga Convention Hall

Jumat, 13 Juli 2007.

Berangkat sendirian ke Jakarta Convensi Center, setelah parkir di deretan motor didepan pos polisi langsung keruangan Merak 1 untuk mengikuti lokakarya.

Hari ketiga : Lokakarya pertama “ Produk Budaya Arsitektur Tradisional “


1. Pembicara pertama, Prof DR Gunawan Cahyono, Menggali Kekayaan Arsitektur Tradisional di Indonesia.

Ditekankan pada aspek konsep tradisional adalah menyatukan antara karya seni, fungsi, dan bentuk. Dengan diketahuinya konsepsinya makan diharpakan perkembangan arsitektur Indonesia bisa mengarah kepada rencana aksi atau cetak biru bagaimana arsitektur sebagai salah satu budaya Indoensia bisa meningkatkan penghasilan, konsep tambahan adalah arsitektur tradisional selalu menghitung dengan alam dimana benda arsitektur itu diletakan.

Perkembangan terakhir adalah : a) akibat gempa bumi di Jogja, telah trjadi banyak perpindahan tangan rumah joglo ke kolektor- kolektor barang sni untuk dijual, rumah joglo sudah bergerak ke luar negeri dibeli dan dibangun disana sebagai barang seni, Bale Gde di Bali sudah dibangun di California, Amerika serikat, sekarang banyak usahawan Jerman yang sedang menggali rumah Nias untuk dibangun di Jerman, dimana Jerman terkenal dengan kemampuannya untuk melestarikan kekayaan Arsitektur dunia.

Secara konsepsional tradisi itu ada yang menciptakan, Tradisional itu awalnya juga modern, hanya kerena waktu yang berjalan akhirnya menjadi tradisional, timbul pertanyaan, apa yang membangkitkan nilai tradisi, apa inspirator tradisi, tradisi buka barang yang harus dijaga keutuhannya sebab tradisi juga mempunyai sisi dinamis yang mampu mengikuti perkembangan teknologi, dan siapa penjaga tradisi.

Contoh Candi, ketradisionalan Candi sudah selesai, sekarang tinggal warisannya, sejarah hanya mencatat jikalau pada abad tertentu ada candi yang begini dan begitu, shingga karya Artsitektur sangat erat ebrnafas dengan kekinian, dengan fleksibilatasannya, dengan efisiensinya, dengan bentuknya, dengan kesederhanaannya.

Sehinga bisa disimpulkan jikalau Arsitektur itu adalah pola pikir dalam menyiasati fenomena alam, arsitektur tidak bisa berakhir selama orang masih berfikir.
Hanya saja dalam perjalanannya sekarang jikalau arsitektur sebagai bentuk budaya masal yang mengandalkan craftsmanship akan menghasilkan produk yang mahal harganya dan tidak bisa missal, sedangkan yang bersifat missal dan murah terpaksa harus melalui produk pabrikan.


2. Pembicara kedua,Ridwan Kamil, Strategi Bisnis Arsitektur Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Bebas Globalisasi Dunia.

Arsitektur bisa digolongkan sebagai creative economic yang juga bisa diartikan sebagai ekonomi yang lahir dari kreatif manusia ( human capital ) .
Kita tidak bisa menolak bahwa produk internasional dengan leluasa membanjiri wilayah wilayah kita, tidak terlalu sukar untuk mencari kaleng koka kola diantara tumpukan sampah yang berserak.
Moderrnisasi seperti air bah yang melanda semua, kita harus ikut arus, tetapi sebaiknya sambil ikut arus kita mempunyai arah tujuan kemana arus hendak membawa,
Kemampuan arsitek juga harus mempunyai kemampuan menjual ide, jangan sampai permasalahn yang melintas pesat, kita tidak mampu berbuat apa.


Lokakarya ke dua : “Dialog dengan para duta besar “

Pengantar Moderator Sumadi Brotodiningrat, dialog 8 duta besar sebentar ini kan membuka wawasan kita bersama, kira- kira di posisi mana Indonesia kini berada, masalah hubungan perdagangan antar dua negara telah terjalin sejak jaman dahulu, bukan hal yang baru, tetapi diperlukan aktualisasi kekinian dengan warna kecerdasan kreatif bangsa berbasiskan kultural.


Dialog 1. Duta Besar Indonesia, Turky, Bapak Alwan Bahrin

Turki terletak diujung Eropa dan ujung Asia, Turky sangat strategis kedudukannya, kerena ia ditengah- tengah, disekeliling Turky terdapat negara Syria, Iraq, Lebanon, Georgia, Ermenia, Bulgaria, Yunani. Sehingga apa yang dipasakan di Turky akan terserap di negara- negara sekitarnya. Pada kesempatan tersebut Duta Besar Indonesia untuk Negara Turki menyatakan lintas sektoral ekoomi kreatif perlunya bangsa Indonesia mempehatikan :
a. Peluang dan tantangan produk budaya Indonesia di pasar dunia.
b. Modal yang lebih dominan dalam memperkenalkan hasil produk budaya Indonesia di pasaran Turki.
c. Indonesia mempunyai idologi yang sama yaitu Islam dengan pemeluk agama Islam mencapai 99,9 %.
d. Kepariwisataan Turky sudah tumbuh tanpa ikut campurnya pihak pemerintah.
e. Ekonomi Turky bergerak secara progesive, mengikuti pasar Eropa, tetapi budaya Asia, dan sekarang sedang dibangun Industri pertahanan Strategis sebanyak 12 jenis usaha persenjataan.
f. Posisi perdagangan dengan Indonesia, surplus ada dipihak Indonesia, sampai mereka menghimbau agar negara Indonesia mau menggunakan produk Turki.
g. Saingan Indonesia di pasar Turki adalah Malaysia.




Dialog 2. Duta Besar Indonesia, Beijing, Bapak Sudrajat

Warga negara Indonesia yang keturunan Cina bejumlah 12 juta jiwa, dan sudah mengenal produk budaya Indonesia sejak Cina masuk di wilayah Indonesia.
Banyak warga Cina yang mengunjungi tempat pariwisata yang ada di Indonesia, serta banyaknya orang-orang Cina yang memakai pakaian batik, kurang berkembangnya produk kebudayaan Indonesia di negara Cina diakibatkan pada masa lalu cina temasuk negara Komunis, sehingga lambatnya pekembangan produk budaya masing-masing.
Dinegara China sendiri, produk budaya Thailand hampir mirip dengan Produk Budaya Indonesia.
Dalam opini masyarakat China berpenghasilan diatas 2000 $ US sebanyak 200 juta orang yang banyak menghabiskan uangnya untuk rekreasi diluar negeri, Negara tujuan Indonesia sangat kurang diminati, sebab : 1) Sifat orang China sangat sensitif, belum lagi sering terjadi touristme asal China mendapat pemeriksaan super ketat di bandara Cengkareng Jakarta, sampai 2 jam per orangnya, dan sering tujuan untuk mempersukar masuknya ke Indonesia disebabkan keinginan untuk mendapatkan sogokan Rp 2 juta per kepala, setelah itu semua permasalahan terbuka., 2) di Negara Indoensia masih terselimuti mental perang dingin peristiwa 1965, 3) Penerjemah bahasa sangat kurang di Indonesia.
Permasalahan umu yang ada di bangsa Indonesia adalah kurangnya me enginer market, belum pernah ada barang budaya Indonesia sampai masuk ke New York disebabkan kegigihan anak bangsa memasarkan dan memamerkan karyanya, yang paling sering adalah salah satu bangsa yang tertatarik kepada budaya Indonesia kemudian menyumbangkan ke budaya di Dunia di New York, saat itulah negara Indonesia mulai dikenal.



Dialog 3. Duta besar Indonesia , Australia, bapak Hamzah Tayeb.

Indonesia betetangga dengan Negara Australia, Australia sudah tergolong maju dan pendapatan perkapita 9.000 $ US, budaya Australia yang utama mirip Indonesia yaitu batik. Dan jumlah penduduk Australian 20 juta jiwa, makanan Indonesia bisa diterima di Australia, peluangnya adalah :
a. Adanya dukungan LSM mempromosikan Produk budaya Indonesia.
b. Memperkenalkan pakaian terutama batik Indonesia di Australia.
c. Makanan Indonesia digemari di Australia.
d. Banyaknya orang Australian belajar bahasa Indonesia.
e. Kelangsungan produk harus dijaga.
f. Makanan Indonesia sangat dikenal di Australia, tetapi sangat sedikit restoran makanan Indonesia disana dibandingkan Thailand, Vietnam.




Dialog 4. Duta Besar Indonesia, Amerika Serikat, Bapak Suyadiman Parinohadiningrat.

Pertanyaan yang sering dilontarkan pada masyarakat Amerika terhadap ketertarikannya pada produk budaya Indonesia adalah, berapa harganya, dan berapa mahalnya untuk kesana, serta jarak pencapaiannya, sebab hanya untuk mendapatkan matahari terbenam dengan debur ombaknya yang sangat mempersona, mereka cukup mendapatkannya di Hawai, kesimpulannya :
a. Pameran dagang tetap di South Corrolina setiap tahunnya sangat jarang dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia.
b. Produser barang kerajinan dan kekhasan Indonesia harus menjalin kerjasama dengan mitra dagang di negara Paman Sam.
c. Akibat penyebaran televisi CNN yang sangat detil, apa yang terjadi di Indonesia langsung di siarkan di US, peristiwa yang sangat memukul peradaban adalah peristiwa Sampit tahun 2001, dimana ditayangkan orang Dayak yang menenteng kepala orang Madura, bagi masyarakat US, hal ini sangat merusak imaginasi mereka tentang Indonesia.
d. Perkembangan terakhir adalah peristiwa Stunami Aceh, belum pernah kedutaan besar RI di Amerika didatangi mantan presiden US tiga orang berturut-turut hanya untuk mengetahui dimana itu Aceh, dan apakah Aceh dan dimana Indonesia dan dimana Bali.
e. Posisi sekarang peluang pasar melempar produk budaya di US sangat terbuka, kerena semakin intensivenya pemberitaan suara amerika seksi Indonesia.
f. Hal yang paling krusial belakangan ini adalah tidak dipercayanya penerbangan Garuda Indonesia sebagai penerbangan yang aman untuk tingkat dunia.
g. Disektor Gastronomi, usaha restoran Indonesia hanya ada 46 kedai sedangkan restoran Thailand sebanyak 3070.
h. Masalah Trading House yang ada di negara-negara sahabat, sejak pamer perdagangan itu dibuka sepuluh tahun yang lalu sampai sekarang barang itu tidak pernah diganti-ganti.



Dialog 5. Duta Besar Indonesia, Budaspest, Bapak Mangasi Sihombing.

Budaspest, Honggaria, mewakili 11 negara di Eropa Timur, dengan jumlah penduduk 325 juta jiwa terdiri dari 17 negara, sangat sekali membutuhkan barang- barang budaya Indonesia terutama mebeler Jeparanya.
a. Negara ini mempunyai karakter lebih baik meimport barang dari pada me eksport.
b. Jaringan infrastruktur dari pelabuhan ke pelabuhan sangat lancar.
c. Masyarakat Ekonomi Eropa sangat mendukung negara-negara Eropa Timur.
d. Pasar di Eropa Timur bisa dijadikan entry point untuk memasuki Eropa Barat.
e. Produk Indonesia yang menonjol adalah : Keramik, Mebeler/ Furniture, Ikan dan Udang, Herb.
f. Telah muncul pesaing- pesaing dari China dan Vietnam serta Malaysia yang menggunakan ilegal loging untuk menguasai pasar furniture.
g. Jarak kirim barang dari Indonesia ke Budaspest sangat lama.
h. Melihat pola pemasaran orang Vietnam yang tinggal di Honggaria, orang Vietnam sangat banyak di Hoanggaria dan ikut memasarkan barang- barang China, sehingga China lebih banyak mendapat keuntungan dari situasi ini.
i. Merubah perspektip pandangan bangsa Indonesia untuk melihat ideologi kedepan adalah ideologi keuntungan, semua berbicara siapa yang diuntungkan.
j. Orang Honggaria sangat pesolek, sehingga produk herbal Indonesia yang sangat jauh dari kimia sangat digemari.
k. Produser Indonesia kurang bermain di Wb Site perdagangan.



Dialog 6. Duta Besar Indonesia, Spanyol/ Madrid, Bapak Slamet Mustofa.

Karakteristik masyarakat Spanyol adalah kehidupan masa lalunya yang dikemas dalam paket- paket pariwisata dan sangat gampang dipasarkan, sebab pariwisata di Spayol sudah bukan barang baru lagi, pemerintahannya sudah tidak melakukan apa- apa pariwisatanya setahunnya menghasilkan devisa negara 12 % dari anggara belanja Negara.
Pemerintah Spanyol telah melakukan banyak penyederhanaan ke pariwisataan, sehingga ada 56,5 juta orang yang menginap lebih dari satu malam dan ada 37, 5 orang yang tidak menginap.
Peluang apa yang didapat dari Spayol oleh Indonesia:
a. Peluang pasar yang sangat kuat, apa yang dijual dipasar Spayol laku terbeli.
b. Pedagang Spanyol suka melakukan hubungan dagang langsung dengan negara asal seperti Indonesia, tetapi di Indonesia sangat sedikit didukung oleh peterjemah bahasa Spanyol.
c. Penerbangan langsung antara Madrid dengan Jakarta tidak ada, hal ini menjadikan pasar Spanyol mahal.
d. Perlu diketahui masyarakat Spanyol sangat sedikit yang bisa berbahasa Inggris.


Dialog 7. Duta Besar Indonesia, Mexico City, Bapak Andung Nitimiharja.

Masyarakat Mexico berbahasa Spanyol, daya beli masyarakt Mexico sudah diatas 2500 $ US, jumlah penduduk Amerika Latin sebanyak ½ Milyard, inilah potensi pasar yang belum disentuh oleh Indonesia, ada yang menghambat dari pola Indonesia, adalah kurang kesungguhannya dalam menggarap pasar Amerika Latin. Suatu contoh kecil bagaimana meningkatkan pasar dalam negeri masyarakat Mexico adalah, setiap jiket hujan nya di hiasi bendera Mexico yang tersulam rapi dan banyak warna dan benang yang dibutuhkan, bandingkan lambang bendera Indonesia yang sederhana warnanya tetapi tidak ada jas hujan yang melambangkan bendera itu, hal ini menyiratkan berapa orang yang bekerja untuk urusan kecil ini.


Dialog 8. Duta Besar Indonesia, Afrika Selatan, Bapak Sugeng Raharjo.

Orang kulit hitam mulai bangkit ekonominya, tahun 2010 Afrika Selatan akanmenjadi negara penyelenggara Football Soccer, apakah Indonesia bisa memanfaatkan hal ini, souvenir yang diharapkan jangan dari plastik, sebab China sudah menguasai, tetapi dari kayu ukiran khasan Afrika.
Para Importin Afrika Selatan memandang Produk Budaya Indonesia adalah; a) cost nya sangat tinggi bila dibandingkan barang yang sama tetapi dari Malaysia dan Thailand, b) Orang Indonesia sangat jarang menjawab E-Mail baik hubungan dagang maupun hubungan lainnya, hal ini lebih banyak disebabkan kendala bahasa. c) Kargo super besar sangat dibutuhkan untuk hubungan Jakarta Afrika Selatan untuk mengurangi biaya tinggi, d) hanya saja Pelabuhan di Indonesia yang tidak ada.

Ternyata sekitar jam 16.20 Yasin , Fifi dan ibunya datang menyusul, pulang setelah mengerjakan shalat maghrib dilantai basement, sempat jalan- jalan sedikit.

Makan malam kerena anak- anak sudah lapar di kedai Padang dibelakang kantor Men Perumahan Rakyat, nasi padang dengan lauk pergedel kentang pesan empat nasi seharga Rp 19 000,- sebab yang makan, saya, Yasin, Fifi dan Ibunya.

Masuk rumah jam 22.00.

Tiada ulasan: