selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Selasa, Julai 31, 2007

Membuat Laporan Evaluasi Manfaat Aceh

Rabu, 27 Juni 2007.



Pekerjaan membuat Laporan atas Dokumen Laporan Akhir Kegiatan di Aceh tahun 2005 sudah bias diselesaikan, sekitar jam 11.00. kemudian sibuk dengan mencari file laporan akhir pekerjaan berikutnya seperti pekerjaaan Perbatasan tahun 2005 lokasi di Samarinda, pekerjaan Gorontalo, disini terpecah dua apakah pekerjaan jagung atau pekerjaan perkuatan kelembagaan masyarakat, belum ketemu kata kuncinya.

Sudah berusaha mencari secara horizontal, yaitu menghubungi individu- individu ysng mengerjakan pekerjaan tersebut ternyata jawabannya selalu klise, ia ,melihat terlebih dahulu siapa yang meminta, jikalau tidak mempunyai kepentingan dengan dirinya selalu jawabannya adalah sebentar pak masih dipakai, atau sesuatu jawaban yang tidak memihak suksesnya pekerjaan yang saya tangani.

Sekitar jam 11.15 siang ini, Oni dating memberitahukan jikalau saya diharuskan mengikuti kegiatan di Bandung besok jam 09.00 sudah disana.

Saya merasa tidak gembira dengan pemberitaan ini, hanya kecapoaian saja yang saya rasakan, saya ingin istirahat bersama istri dirumah seharian.

Sewaktu saya disuruh membaca foto copy undangan yang kabur 80 %, dimana untuk membaca setiap hurufnya harus berfikir dahulu, saya hanya bisa menyimpulkan lokasi kegiatan besok itu ada di Wisma Pandawa Departemen Sosial di Ciumbeliut Bandung, jalan Tambak no 4.

Untuk urusan Bandung, memang saya sangat tidak gembira, banyak hal yang membuata saya tidak gembira, adalah jumlah penduduknya yang sangat banyak, jumlah kebohongan massa yang termasuk tinggi, jalan yang sempit, urusan sederhana banyak diplintir.

Setelah makan siang menggunakan kemampuan diplomasi saya meloby Kepala Tata Usaha sebagai penanggung jawab semua kegiatan, sebab disini ternyata setiap kepala kegiatan hanya memberikan copy kegiatan akhir hanya 1 copy dan diberikan langsung kepada Kepala Satuan Kerja.

Padahal menurut anggaran yang dikeluarkan setiap kepala kegiatan menyerahkan 7 eksplar copy laporan dan dibagikan kepada kepala sub bagian structural.

Hal ini yang tidak dilakukan sehingga sewaktu saya mencari dokumen laporan akhir semua kegiatan tahun- tahun yang lalu nggak ada.

Sekitar jam 16.00 datang utusan dari lantai bawah menyerahkan dokumen pekerjaan yang dibawanya sendiri dengan tangannya, saya sangat surprised dengan kesungguhannya membantu, tetapi dokumen laporan akhir pekerjaan tahun 2005 dan 2006 itu masih ada yang belum tuntas yaitu laporan akhir pekerjaan Kumuh di kali Surabaya yang belum dikumpulkannya.

Tetapi dengan apa adanya ini saya sudah bisa bersyukur, hrus dijadwal ulang kapan dibuatkan analisa laporan nya.

Jam 16.00 setelah shalat ashar saya menyempatkan diri ke carefure untuk membeli pesanannya FIFI kemaren melalui telepon, uang dikantorng sisa Rp 142 000,-

Yang dibeli adalah susu Indomilk 4 tahun untuk Fifi berat 800 gram seharga Rp 37 000,-
Kemudian yang lain-lain seperti 1 ekor ikan bandeng seberat 600 gr, ikan kerapu ½ kg, daging diiris tipis seberat 700 garm, syrup cocopandan 1 botol, minyak kelapa 2 liter, gula 1 kg, coklat keping 2 buah untuk Yasin dan Fifi,

Sewaktu dihitung ternyata harga yang tertera sebesar Rp 144 500,- kekurangan Rp 2 500,- besar uang sih tidak seberapa tetapi saya tidak membawa uang lagi sehingga di akali bagaimana mengurangi harga Rp 2 500,- ini, sewaktu kasir mengurangi satu belanjaan saya bilang jangan, sebab semua belanjaan ini adalah sangat penting, bagaimana kalau merubah timbangan sehingga harga nya juga bnerubah, saya memilih ikan kerapu sebab ikan kerapu dalam bungkusan itu kan terdiri dari beberapa ikan, kemudian saya bergegas ke kasir ikan untuk melakukan pengurangan satu ekor ikan dan di timbang kembali, ternyata pengurangan satu ekor ikan itu menurunkan harga hingga Rp 5 000 ,- sehingga sewaktu dihitung kembali dengan kasir ternyata jumlah belanjanya sekitar Rp 139 000,- sehingga uang saya masih berlebih dan transaksi dfidepan kasir bisa diakhiri, tetapi waktu yang dipakai untuk melayani saya saja didepan kasir hampir 22 menit.

Maghrib pun datang setelah shalat Maghrib berjamaah dengan pak Putut dilantai bawah ternyata pak budi mencari saya untuk membicarakan permasalahan sekitar pemberangkatan besok.

Jam 20.00 saya keluar dari kantor dengan membawa banyak belanjaan diatas motor, motor sudah terasa enak, malahan takut dibawa berjalan kencang kerena enaknya.

Keluar dari kantor memang sudah terasa rintik hujan dan hujan mulai terasa menderas setelah belok kekanan di lampu merah Simatupang, Sekolah korp wanita polisi Polri, dan jalan menuju kebayoran lama.

Disini berhenti sebentar untuk mulai memasang jas hujan yang ternyata mulai robek disana – sini, harus diganti ini.

Berjalan dengan hati- hati dimalam ini yang diguyur hujan sangat deras juga, hujan mulai mereda sekitar Aneka Tambang Pasar Minggu, walau hujan mereda saya tidak membuka jas hujan, dan memasuki wilayah Pasar Rebo hujan tidak turun lagi, dengan dibuktikan keringnya tanah dan aspal dijalanan.

Memasuki rumah masih dengan jas hujan, rumah terlihat sepi sebab yang dirumah hanya Fifi, YAsin dan Ibunya.


Langsung saya mengingatkan Yasin bahwa sebentar jam 2 pagi harus berangkat ke Bandung sebab rapat di Bandung dimulai jam 10 pagi.

Tiada ulasan: