selamat berjumpa semoga tidak marah-marah

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri sedang mereka tidak sadar. (QS. 2:9)

In trying to deceive GOD and those who believe, they only deceive themselves without perceiving


Selasa, Julai 31, 2007

Rantai Motor lepas

Senen, 2 Juli 2007.


Rantai motor lepas sewaktu menanjak di Kranggan setelah sekolah SMA nya Tyas, terpaksa mendorong sebab putus rantai tepat dijembatan yang merupakan dasar penurunan jalan, cukup terjal mendorongnya.
Setibanya diatas ternyata ada bengkel yang sudah buka dan mau membetulkan roda belakang dan rantainya sekalian.

Menyusun Konsep Evaluasi dan Monitoring untuk bulan Juli dan Agustus 2007 dan kegiatan evaluasi Manfaat untuk bulan Juli 2007.

Sengaja saya membuat rincian terhadap pelaksanaan Evaluasi dan Monitoring terhadap kegiatan pokok yang diselenggarakan kantor, supaya nanti jangan dibilang kurang tanggap terhadap permasalahan pokok.



RENCANA KEGIATAN EVALUASI DAN MANFAAT SELAMA BULAN JULI DAN AGUSTUS 2007.

Kegiatan 2005

Kegiatan Pembangunan Sosial Dalam Bidang ke PU an Berbasis Kearifan Lokal
Di Naggroe Aceh Darussalam
Sasaran Evaluasi dan Monitoring

Kearifan Lokal yang ditonjolkan sebagai nilai strategis dalam menangkap aspirasi masyarakat, belum terlihat baik sebagai landasan kegiatan dan landasan kultural dalam penerapan pembangunan ke PU an di NAD.
Belum terlihat adanya pola Pembinaan Pendampingan Masyarakat secara jelas, sasaran yang seharusnya dijadikan bangkitan pembentukan pola pembinaan pendampingan masyarakat yang memanfaatkan nilai- nilai kearifan lokal adalah : bagaimana sasaran pragmatis dari semua bentuk pendampingan bermuara pada nilai manfaat yang didapat dari semua pendampingan kegiatan, terutama dalam kontek pembangunan ke PU an.
Yang diangkat sebagai nilai kearifan lokal masyarakat NAD adalah bentuk struktur tata praja pemerintahan, sebab tata praja pemerintahan mempunyai kekuatan hukum, dalam pemerintahan Gampong ( kampung/ desa ) diuraikan adanya penjabat yang terdiri dari : a) Keuchik atau kepala gampong, b) Teuku Meunasah, c) Ureung Tua/ majelis orang tua sebagai pemegang tata adat. Padahal sasaran kegiatan adalah pemberdayaan masyarakat, suatu bentuk ketahanan masyarakat adat untuk menentukan sikap yang bagaimana untuk menerima bermacam-macam bantuan perumahan, yang nantinya akan berpengaruh kepada pembentukan sifat karakteristik bangsa, sebab rumah adalah sarana pembentukan karakter.
Sehingga disini diperlukan suatu pendampingan mengelolah bantuan untuk pembangunan prasarana dan sarana ke PU an, dalam hal ini perumahan dan infrastruktur penunjang.

Rencana Evaluasidan Monitoring

4 Juli – 10 Juli

Keluaran Evaluasi dan Monitoring
Laporan Evaluasi Monitoring terdiri :
- Laporan konsep Pendampingan Masyarakat Kegiatan Pembangunan Sosial Dalam Bidang ke PU an Berbasis Kearifan LokalDi Naggroe Aceh Darussalam
- Laporan sinkronisasi koordinasi dalam penentuan sasaran pelatihan
- Laporan konsep memperkuat kelembagaan kelompok masyarakat pada Desa Neuheun, desa Lamnga.
- Laporan konsep kepatutan nilai lokal yang diangkat
- Laporan manfaat kajian.
- Laporan memberikan kecerahan baru bagi masyarakat.
- Laporan kemungkinan pendanaan yang ditanggung bersama antara Pusat dan Daerah.
- Laporan keterlibatan Pemda.
- Laporan memberikan alternatip kemungkinan pada pembangunan dilokasi sasaran.

Sewaktu makan malam, diruangan kantor, itupun setelah saya keluar membeli lauk untuk makan malam, dengan acara menanak nasi sendiri, tetapi proses itu juga harus menunggu sampai nasi pesanan melalui telepon yang dilakukan Elias sudah datan, sementara nasi yang ditanak belum matang.
Habis ya sih, orang puasa seharian kok makan malamnya dianggap seperti biasa saja.
Kembali lagi sewaktu makan malam itu, pak Budi menginformasikan kalau peninjauan dilakukan juga terhadap balai sebab kegiatan itu dilakukan pelanjutannya ditahun 2006 oleh Balai Jakarta.

Tiada ulasan: